Home Palu

Labkesda Segera Buka Layanan Umum

SEBELUM PANDEMI - Kepala Labkesda Provinsi Sulteng, Rudiyanto Nawawi, foto bersama jajarannya sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Sulteng dalam waktu dekat akan kembali membuka pelayanan umum bagi masyarakat. Labkesda yang beralamat di Jalan Undata Palu itu melakukan persiapan dengan pembenahan sarana/prasarana.

“Insyaallah, kalau tidak ada halangan segera kami kembali buka pelayanan umum di Labkesda,” ungkap Kepala Labkesda Provinsi Sulteng, Rudiyanto Nawawi, Selasa, 18 Mei 2021.

Dia mengatakan salah satu yang tengah dibenahi yaitu reagen untuk pelayanan umum. Pembagian petugas juga mulai dipersiapkan karena harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Awal-awal pelayanan umum akan terbatas dengan tetap menerapkan prokes,” ujar Rudiyanto.

Diketahui, Labkesda milik Pemprov Sulteng ini pasca pandemi merebak tahun lalu hanya melayani pengujian sampel swab Covid-19. Rudiyanto mengatakan saat ini sampel swab yang masuk sudah berkurang drastis yang awal-awal bisa mencapai seribuan perhari kini paling banyak seratusan.

Dengan berkurangnya sampel swab yang masuk, Labkesda akan kembali membuka pelayanan umum mulai dari pemeriksaan kualitas air, kimia klinik dan lainnya. Hal tersebut sekaligus untuk memenuhi permintaan masyarakat.

“Terus terang saja sudah banyak yang nanya sama saya dan langsung ke sini untuk pemeriksaan umum,” kata Rudiyanto.

Namun nantinya untuk pemeriksaan kultur guna mengetahui resistensi anti biotik belum bisa dilayani. Rudiyanto mengimbau masyarakat tidak perlu ragu untuk memanfaatkan pelayanan umum Labkesda Provinsi Sulteng.

“Insyaallah, aman karena pemeriksaan sampel Covid ruangan tersendiri dan penerimaan juga nanti akan kita buat pembatas,” ujarnya.

Rudiyanto menambahkan untuk tarif pelayanan umum di Labkesda yang dibebankan kepada masyarakat tidak berubah. Tarif tersebut telah ditetapkan melalui peraturan daerah yang distor ke kas daerah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas