Home Palu

Wisuda 102 dan 103 Didahulukan

Munari. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Universitas Tadulako, Munari, mengungkapkan rencana pelaksanaan wisuda di Untad masih melihat perkembangan penyebaran Covid-19.

Pendaftaran wisuda yang dibuka saat ini telah masuk untuk lulusan ke 104 yang jumlahnya sudah mencapai ribuan. Namun demikian, menurut Munari nantinya akan didahulukan pelaksanaan wisuda ke 102 dan 103.

“Jumlah pendaftar sudah banyak, tapi nanti wisuda cuma 102 dan 103 dulu,” ungkapnya, Senin, 17 Mei 2021.

Munari mengatakan belum ada keputusan untuk waktu pelaksaan wisuda karena harus dirapatkan bersama Rektor dan para Wakil Rektor. Sebelumnya, Rektor Untad, Prof Dr Ir H Mahfudz MP, mengungkapkan akan membahas pelaksanaan wisuda setelah lebaran Idulfitri 1442 H.

“Nanti dilihat situasi, mudah-mudahan habis lebaran ditentukan,” ungkap Prof Mahfudz, Minggu, 2 Mei 2021.

Rektor mengatakan pelaksanaan wisuda belum bisa ditentukan karena harus mempertimbangkan penyebaran pandemi Covid-19 di daerah ini. Untad disebut tidak ada niat untuk tak melaksanakan wisuda.

“Bukan kita tidak mau, kalau tantangan dan kendala (Covid-19) sudah tidak ada, kenapa tidak kita lakukan,” tandas Rektor.

Diketahui, pendaftar wisuda lulusan program diploma, sarjana dan pascasarjana Untad berbagai angkatan sudah tembus 5.000 orang lebih. Munari menambahkan perkembangan pandemi virus corona menjadi pertimbangan utama untuk bisa memutuskan pelaksanaan wisuda secara tatap muka. Namun secara pribadi, Rektor Prof Mahfudz dan Ketua Senat Prof Muh Basir Cyio disebut telah memberikan lampu hijau.

“Pak Rektor, Ketua Senat dan pak Warek sudah mau tapi tetap harus menunggu lagi karena ada informasi mau keluar SKB tiga menteri sekalian melihat tren Covid-19,” ucap Munari.

Meski wisuda belum dilaksanakan, pihak BAKP Untad telah memberikan ijazah bagi calon wisudawan yang membutuhkan. Syaratnya cukup terdaftar sebagai peserta wisuda dan membawa bukti pembayaran. Bukti pembayaran wisuda dibawa ke BAKP Untad untuk mendapatkan ijazah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas