Home Poso

Bupati Poso: Jangan Terprovokasi, Rekatkan Persatuan

BERDUKA - Bupati Poso dr Verna G.M Inkiriwang menghadiri acara persemayaman dilaksanakan di Balai Desa Kalemago Kecamatan Lore Timur pekan lalu. (Foto: Istimewa)
  • Terkait Terbunuhnya 4 Warga Poso

Poso, Metrosulawesi.id – Bupati Poso dr Verna G.M Inkiriwang bersama Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun S.Sos bersama Forkopimda mengikuti acara pemakaman 4 warga meninggal dunia korban aksi terorisme, di Desa Kalimago Kecamatan Lore Timur. Acara persemayaman dilaksanakan di Balai Desa Kalimago Kecamatan Lore Timur pekan lalu.

Rasa belasungkawa dan dukacita mendalam dinyatakan Bupati Poso Verna Inkiriwang dalam sambutan yang disampaikan kepada keluarga korban untuk menguatkan rumpun keluarga berduka.

Menurutnya kejadian ini sungguh menggegerkan karena di tengah suasana ibadah puasa dan ibadah ramadhan umat muslim dengan toleransi yang telah dibangun begitu indah dan damai dari masyarakat Poso lainnya yang tidak melakukan ritual ramadhan namun di Desa Kalimago justru terjadi hal yang berbeda, ini sungguh diluar kemampuan kita manusia yang sudah mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat akan tetapi harus diperhadapkan dengan situasi yang kelam.

“Melalui sidang perkabungan ini kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso mengutuk keras atas kejadian pembunuhan oleh kelompok MIT kepada masyarakat Desa Kalimago Kecamatan Lore Timur peristiwa ini tentu saja menciderai dan mengusik kedamaian kita di Bumi Sintuwu Maroso,” ujar Bupati Verna Inkiriwang. 

Selanjutnya Bupati mengimbau masyarakat tidak terprovokasi atas kejadian ini, Bupati mengajak untuk tetap merekatkan persatuan dan kesatuan serta mengokohkan tali silaturahmi antar sesama masyarakat Kabupaten Poso.

Masyarakat diimbau untuk bisa mendukung aparat keamanan yang bertugas dengan memberikan informasi kepada mereka apabila melihat atau berpapasan dengan orang tak dikenal. Ia mengajak masyarakat menyerahkan sepenuhnya kepada aparat baik TNI dan Polri untuk mengejar kelompok teroris dan mengusut tuntas masalah ini hingga ke akar akarnya.

Bupati Poso berjanji masukan yang telah diterima dari tokoh agama dan tokoh masyarakat akan menjadi perhatian dan segera ditindaklanjuti untuk kenyamanan masyarakat Desa Kalimago Kecamatan Lore Timur.

“Sebelum tiba di Baruga ini kami telah bertemu secara singkat dengan perwakilan tokoh masyarakat juga tokoh agama dan perwakilan keluarga. Kami berbincang-bincang secara singkat tentang apa yang menjadi harapan dan menjadi keluhan dari apa yang masyarakat alami saat ini, untuk itu kami sebagai pemerintah tentu saja menerima semua masukan, menampung semua keluh kesah kepada kami, dan bukan hanya kami tampung akan tetapi kami akan menindaklanjutinya,” ujar Bupati Verna Inkiriwang.

Bupati Poso didampingi Wakil Bupati Poso, Kapolres serta Dandim memberikan bantuan secara simbolis kepada keluarga korban berupa santunan duka, logistik berupa beras sebanyak 2 ton akan dibagikan kepada warga desa Kalimago selain itu keluarga menerima bingkisan kasih dari Anggota DPRD Provinsi Sulteng   Ellen Pelealu SE. Adapun nama keluarga korban penerima santunan yaitu, keluarga Almarhum  Marten Solon, keluarga Almarhum Simson Susa, keluarga Almarhum  Lukas Lese Puyu dan keluarga Almarhum Bapak Paulus Papa.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas