Joko Pranowo. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Joko: Satu Perusahaan Diberikan Teguran

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Sulteng, Joko Pranowo, mengungkapkan pihaknya telah menerima 10 aduan dari pekerja/buruh terkait Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1442 H/2021 M.

“Sampai Jumat, ada 10 aduan masuk ke Posko Pengaduan THR, yang konsultasi ada 11 orang melalui telpon,” ungkapnya, Senin, 10 Mei 2021.

Dia mengatakan dari 10 aduan yang diterima, tinggal satu perusahaan yang belum melaksanakan kewajiban membayar THR. Terhadap perusahaan tersebut, Disnakertrans Provinsi Sulteng melayangkan surat teguran.

“Jadi yang dari 10 aduan, yang satu agak bandel, belum ada realisasinya, makanya kita kirim surat teguran,” ujar Joko.

Joko enggan membeberkan nama perusahaan dimaksud, namun beroperasi di wilayah Kota Palu. Pihaknya juga menerima pengaduan adanya keterlambatan pembayaran THR karena petugas pencairan dana perusahaan sedang sakit.

“Ada dua perusahaan yang tanda tangan cek lagi sakit, tapi semoga bisa cair hari ini (kemarin),” kata dia.

Secara umum, perusahaaan yang banyak diadukan berada di Kota Palu bergerak di bidang jasa, perdagangan, dan lainnya. Joko berharap perusahaan menaati kewajiban membayarkan THR bagi pekerja/THR.

Disnakertrans Provinsi Sulteng juga telah melakukan kunjungan ke berbagai perusahaan di daerah ini. Kunjungan dilakukan oleh pengawas ketenagakerjaan di kabupaten/kota se-Sulteng. Dari kunjungan tersebut, didapati keterangan pembayaran THR telah dilaksanakan perusahaan.

“Ada 41 perusahaan dikunjungi yang masuk peta kerawanan ternyata aman semua, sudah membayarkan THR,” ucapnya.

Joko menambahkan pekerja/buru tak perlu takut untuk melapor jika masih ada perusahaan yang belum membayarkan THR. Dipastikan identitas pelapor akan dirahasiakan demi keamanan pekerja/buruh.

Posko THR Disnakertrans Provinsi Sulteng siap menerima aduan 24 jam melalui empat kontak yang telah tentukan. Kontak pertama melalui Syaiful dengan nomor 085394276500. Kedua Rifai dengan nomor 085256617033. Ketiga melalui Andawiah dengan nomor 081341189677. Keempat melalui Novianthi dengan nomor 082345888859.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas