Supardi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Palu, Supardi, mengungkapkan pihaknya telah menerima jadwal pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemenrintah dengan Perjanjian Kerja (PPKK) tahun anggaran 2021.

“Sudah kami terima tadi pagi (jadwal pelaksanaan rekrutmen CPNS dan PPPK),” ungkap Supardi kepada Metrosulawesi, Jumat, 7 Mei 2021.

Dia mengatakan jadwal rekrutmen CPNS dan PPPK dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI. Dijadwalkan pengumuman seleksi mulai 30 Mei 2021. Esoknya pada 31 Mei sampai 21 Juni, mulai pendaftaran seleksi secara online.

Untuk pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CAT (Computer Assisted Test) CPNS dijadwalkan Juli sampai September 2021. Sementara SKD CAT PPPK Non Guru akan dilaksanakan setelah SKD CPNS.

Untuk seleksi kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud) dijadwalkan tiga tes pada Agustus, Oktober, dan Desember. Adapun untuk pelaksanaan SKB CPNS bagi peserta SKD yang lolos dijadwalkan September sampai Oktober 2021.

Pengumuman akhir dan masa sanggah pada November 2021. Setelahnya penetapan NIP CPNS dan Nomor Induk PPPK pada Desember 2021. Supardi menyebut untuk informasi pembagian kuota formasi belum diterima pihaknya.

“Nanti setelah selesai pendaftaran baru kami dapat dari BKN Pusat karena adanya di Menpan-RB dan instansi masing-masing,” tandas Supardi.

Sebelumnya, Supardi mengungkapkan Menpan-RB Tjahjo Kumolo telah mengeluarkan keputusan nomor 302 tahun 2021 terkait kebutuhan pegawai aparatur negara. Menpan-RB memberikan jatah rekrutmen CPNS dan PPKK untuk pemerintah pusat dan daerah dengan total formasi 1.275.387.

Total untuk pemerintah pusat sebanyak 83.669 formasi dengan rincian CPNS 57.547 formasi dan PPPK 26.122. Sedangkan untuk pemerintah daerah sebanyak 1.191.718 formasi dengan rincian CPNS 119.094 formasi dan PPPK 1.072.624 formasi.

“Sudah tertuang dalam surat keputusan Menpan, tapi baru formasi,” ungkap Supardi, Selasa, 13 April 2021.

Diketahui, BKN Donggala di Palu yang beralamat di Jalan Bantilan Nomor 20 memiliki 54 komputer untuk pelaksanaan test CAT CPNS-PPPK. Karena pelaksanaan rekrutmen masih di tengah pandemi Covid-19, BKN di Palu telah menyiapkan sarana/prasarana pendukung untuk penerapan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas