Home Poso

Bupati Poso Minta Shalat Idul Fitri Taat Prokes

Verna Inkiriwang. (Foto: Istimewa)

Poso Metrosulawesi.id – Bupati Poso, dr  Verna Inkiriwang memberi izin atau tidak melarang umat Islam yang akan melaksanakan sholat Idul Fitri secara berjamaah. Namun, dia mengimbau pelaksanaan ibadah tetap mengikuti pedoman dari Kementerian Agama dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Sholat idul Fitri nanti akan kita pedomani, sesuai dengan surat edaran menteri. Nanti akan disosialisasikan sehingga nanti bisa mengacu pada pedoman menteri,” kata Verna usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Tinombala terkait  pengamanan Idul Fitri 1442 hijriah di Mapolres Poso, Rabu 5 Mei 2021.

Verna mengakui, saat ini kabupaten Poso telah masuk dalam zona merah covid -19 di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng). Olehnya, untuk memutus mata rantai Covid 19, Pemda Poso menutup dan tidak memberi izin pelaksanaan pasar senggol jelang Idul Fitri di wilayah setempat.

“Kami sampaikan pasar senggol di Poso tidak diizinkan untuk beroperasi,” ucapnya.

Kepada wartawan bupati Poso mengimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan jangan mudik untuk menekan penyebaran Covid-19 yang saat ini masih terus bertambah. 

Sementara Ketua PHBI Poso Atmadjaya Mardjun menegaskan, pada prinsipnya berupaya pelaksanaan Shalat IdulFitri dapat dilaksanakan secara berjamaah, baik di masjid maupun di lapangan.

“Namun kita tetap menghormati keputusan pemerintah, olehnya selaku Ketua PHBI Kabupaten Poso menganjurkan untuk tetap memperhatikan kondisi saat ini utamanya kita harus ketat dalam penanganan protokol kesehatan sebagaimana anjuran Bupati Poso,” tekan Atmadjaya Mardjun.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas