FOTO BERSAMA - Wakil Gubernur H Rusli Dg Palabbi (tengah) didampingi Sumarno dan pejabat terkait saat memantau perbatasan Sulteng-Gorontalo di wilayah Parigi Moutong pada Kamis, 6 Mei 2021 lalu. (Foto: Istimewa)
  • Pemprov Belum Terima Regulasi Larangan Mudik Aglomerasi

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng, Sumarno, mengungkapkan belum menerima salinan regulasi terbaru terkait pelarangan mudik di semua wilayah, termasuk kawasan aglomerasi (kabupaten/kota saling berdekatan).

“Di media sosial memang sudah ada, saya sudah baca, tapi belum menerima aturan resminya. Surat edarannya nomor berapa, tanggal berapa, dan tentang apa, soalnya kalau berita begitu mudah sekali dibuat. Harus dicari tahu dahulu, instruksinya seperti apa, pakai regulasi nomor berapa, harus jelas. Kecuali nanti kalau sudah ada regulasi resmi, tanggal, nomor, dan cap baru bisa,” ungkap Sumarno, Jumat, 7 Mei 2021.

Atas hal tersebut, Sumarno mengatakan pelaksanaan larangan mudik di wilayah Sulawesi Tengah tetap mengacu Surat Edaran (SE) Gubernur Sulteng Nomor: 550/369/Dis.hub Tentang Pengedalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Masyarakat bisa mudik di wilayah aglomerasi sesuai ketentuan yang diatur dalam SE Gubernur Longki Djanggola. Wilayah aglomerasi yang diizinkan melakukan perjalan mudik yaitu: Kota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong.

Wilayah aglomerasi berikutnya ditetapkan Kabupaten Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan. Selanjutnya Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol menjadi satu wilayah aglomerasi. Kemudian Poso dengan Tojo Unauna satu aglomerasi. Terakhir Morowali dan Morowali Utara satu aglomerasi.

“Sebelum aturan resmi yang baru ada, dipakai regulasi yang ada dulu (SE Gubernur Sulteng),” ucap Sumarno.

Sumarno menambahkan pemerintah dalam melaksanakan keputusan harus melalui regulasi resmi. Itu artinya sebelum keluar regulasi terbaru terkait larangan mudik di semua wilayah, Dishub tetap mengacu SE Gubernur Sulteng.

SE Gubernur cukup dipatuhi masyarakat terpantau saat hari pertama pemberlakuan larangan mudik kendaraan lengang di perbatasan Sulteng-Gorontalo di wilayah Parigi Moutong. Hal ini sesuai pantauan Wakil Gubernur Sulteng didampingi Sumarno pada Kamis, 6 Mei 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas