PERTASHOP - Pertashop yang berada di Desa Malei, sepenuhnya dikelola pihak swasta. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Kementerian BUMN akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) untuk membuka BUMN shop dan Pertashop. Dua bantuan tersebut akan membuat desa memiliki unit usaha yang membantu masyarakat.

Namun karena Alokasi Dana Desa (ADD) kecil dan begitu banyak program sehingga Pertashop lebih berpeluang diambil pihak pengusaha, padahal kalau dikelola BUMdes, tentu perekonomian masyarakat akan bergerak termasuk perputaran perekonomian.

Kepala Desa Malei Kecamatan Lage Markus terkait keberadaan Pertashop di desanya, kepada wartawan Kamis 6 Mei 2021 menegaskan, awalnya memang Pertamina bersama Pemerintah Daerah mengupayakan kalau Pertashop yang berada di desa, itu dikelola oleh desa melalui BUMdes, hanya karena begitu besar biaya untuk memiliki Pertashop.

“Maka khusus Pertashop yang berada di Desa Malei, sepenuhnya dikelola pihak swasta, Pemerintah Desa saat ini tinggal menunggu penyerahan pembagian hasil, sekiranya mampu ADD menanggulangi operasional Pertashop, maka sudah sejak keberadaannya di sini dikelola desa, namun ADD begitu kecil sehingga desa belum mampu untuk mengelola nya,” ujar Markus.

Diakuinya, warga di desa sering kesulitan untuk mendapatkan bahan bakar. Olehnya, untuk mengatasinya kata Markus, Kementerian BUMN bekerja sama dengan Kementerian Desa akan membangun Pertashop, namun sayang Pemerintah Desa belum bisa berbuat untuk peningkatan perekonomian masyarakat, kalau dikelola BUMdes, tentu keuntungan kembali ke masyarakat, ujarnya.

Sementara itu menurut warga, Sulaiman, seharusnya penyediaan Pertashop menggandeng BUMdes dikarenakan saat ini desa memiliki BUMdes hanya untuk mensejahterakan warganya.

Namun dirinya menambahkan, Pertashop hadir menggandeng berbagai pihak, seperti pesantren dan BUMdes serta pihak swasta. Langkah itu sebagai upaya penguatan ekonomi dengan membangun rantai distribusi produk Pertamina. Kabupaten Poso ada sebanyak 4 (empat) lokasi Pertashop, yakni di Desa Meko Kecamatan Pamona Barat, desa Malei Kecamatan Lage, desa Poleganyara Kecamatan Pamona Tenggara serta Kelurahan Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas