Home Poso

700 Personel Disiagakan di Poso

Gelar pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2021 di halaman Mapolres Poso Rabu 5 Mei 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)
  • Operasi Ketupat Tinombala

Poso, Metrosulawesi.id – Polres Poso bersama TNI baik dari Kodim maupun Batalyon 714 Sintuwu Maroso menyiagakan sebanyak 700 personel gabungan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Tinombala 2021 di wilayah Kabupaten Poso.

Kapolres Poso AKBP Rentrix Ryaldi Jusuf  kepada wartawan usai gelar pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2021 di halaman Mapolres Poso Rabu 5 Mei 2021 mengatakan, operasi Ketupat Tinombala dilaksanakan untuk menghadapi lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah dengan melibatkan 700  personel  gabungan antara Polres  dan jajaran TNI, Senkom, ORARI dan RAPI yang sebelumnya telah menerima pembekalan operasi di Mako Polres Poso.

Rentrix mengatakan Operasi Ketupat Tinombala ini dilaksanakan guna memberi perlindungan, pelayanan kepada masyarakat serta mendukung kebijakan pemerintah terkait pelarangan mudik.

“Upaya pencegahan penyebaran wabah COVID-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri 1442  Hijriah dengan rasa aman,” katanya pula.

Rentrix juga  mengatakan Operasi Ketupat Tinombala digelar tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, namun tahun ini operasi tersebut dipercepat pelaksanaannya sebagai tindak lanjut larangan mudik dari pemerintah.

“Larangan mudik dari pemerintah disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, dilakukan guna mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19,” ujarnya pula.

Nantinya kata perwira melati dua dipundak ini, pos perbatasan atau pos sekat menjadi target utama pengamanan utamanya mencegah bagi warga yang begitu nekat mudik.

“Pos pengamanan di perbatasan akan begitu ketat mengawasi bagi siapa yang melintas, memang ada kebijakan khusus bagi mereka yang melintas, yakni kendaraan angkut logistik sembako, ambulance termasuk kendaraan pengangkut obat-obatan, lebih dari itu kita aparat gabungan akan mengikuti aturan atau surat edaran untuk tidak mudik saat lebaran yang ditujukan kepada masyarakat. Bertindak sebagai Inspektur upacara dalam giat Operasi Ketupat Tinombala di Mako Polres Poso adalah Bupati dr Verna Inkiriwang.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas