Home Palu

Simulasi CAT Sekdin untuk 1.000 Peserta

Supardi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palu akan menyelenggarakan simulasi Computer Assisted Test (CAT) untuk seleksi kompetensi dasar Sekolah Kedinasan (Sekdin).

Kepala BKN Palu, Supardi, mengatakan kuota simulasi CAT Sekdin untuk 1.000 peserta. Pendaftaran secara online telah dibuka sejak beberapa hari lalu yang berakhir pada 29 April 2021.

“Harap berhati-hati dengan segala potensi penipuan yang mengatasnamakan instansi BKN dan/atau UPT BKN Palu. Badan Kepegawaian Negara dan UPT BKN Palu tidak memungut biaya atas kegiatan ini (simulasi CAT),” ujar Supardi, Kamis, 29 April 2021.

Dia menjelaskan peserta yang dapat mengikuti kegiatan simulasi harus memenuhi beberapa ketentuan yaitu sehat jasmani dan rohani (tidak terkonfirmasi positif Covid-19) dan berusia maksimal 23 tahun.

“Harus mengikuti protokol kesehatan 5M untuk pencegahan Covid-19 diantaranya menggunakan masker, mencuci tangan, dan memakai sarung tangan,” jelas Supardi.

Supardi menyebut pelaksanaan simulasi CAT dijadwalkan tujuh hari mulai 3 sampai 7 Mei 2021 di Kantor UPT BKN Palu Jalan Bantilan Nomor 20. Pelaksanaan setiap hari terdiri dari enam sesi, namun khusus Jumat hanya empat sesi saja.

Sebelumnya, Supardi mengungkapkan pihaknya ikut sebagai penyelenggara rekrutmen ikatan dinas kementerian/lembaga vertikal bagi putra/putri daerah. Pelibatan BKN Palu untuk pelaksanaan ujian dengan sistem computer assisted tes.

Supardi menyebut pelaksanaan ujian CAT ikatan dinas akan berlangsung pada akhir Mei mendatang. Pelaksanaan ujian dipusatkan di Kantor BKN Donggala di Palu Jalan Bantilan Nomor 20 Kecmatan Palu Barat, Kota Palu.

“Pendaftaran ikatan dinas sudah berjalan, rencana tesnya mulai tanggal 24 Mei 2021,” ungkap Supardi, Kamis, 15 April 2021.

Dia mengaku belum menerima jadwal resmi untuk ujian dinas sehingga tidak mengetahui durasi pelaksanaannya. Namun dipastikan penentuannya berdasarkan jumlah pendaftar ujian ikatan dinas.

“Jumlah pendaftar nanti yang menentukan berapa lama diadakan tes di Palu. Nanti tinggal dilihat pendaftarnya baru dibagi dengan berapa komputer dipakai dalam sehari. Sehari hanya bisa 150 peserta,” ujar Supardi.

Supardi menambahkan ada sejumlah kementerian/lembaga yang membuka seleksi ikatan dinas diantaranya Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, dan BMKG.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas