Home Parigi Moutong

Pencairan Dana BOS SD Rampung Pekan Ini

Ibrahim. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Parigi Moutong melalui Kepala Bidang Manajemen SD, Ibrahim menerangkan, bahwa pihaknya memastikan untuk realisasi pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2021 sudah mencapai 70 hinga 75 persen, khusus Sekolah tingkat SD.

“Pengajuan pencairan dana BOS untuk tingkat SD telah dilakukan sejak Minggu lalu hingga tanggal 22 April 2021 kemarin,” terang Ibrahim pada Metrosulawesi di ruang kerjanya, Senin 26 April 2021.

Lanjut dia, tahun 2021 ini realisasi pencairan dana BOS mengalami keterlambatan, disebabkan adanya aplikasi baru dari Kemendikbud yakni Aplikasi Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS).

“Untuk itu, sebelum mendapatkan rekomendasi dari Disdikbud Parimo sebagai syarat pencairan dana BOS tahap satu, pihak sekolah terlebih dahulu harus menginput Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS), setelah pihak sekolah sudah menginput, kemudian di print, lalu di tandatangani oleh Kepala sekolah, bendahara dan Komite. Setelah itu pihak sekolah membawah ke Disdikbud untuk di verifikasi. Jika benar, kami (Disdikbud) Parimo akan langsung memberikan rekomendasi pencairan. Dan jika masih ada yang salah kami akan kembalikan ke sekolah tersebut untuk secepatnya dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya menargetkan realisasi pencairan dana BOS untuk tingkat SD tahap satu berakhir Minggu ini.

“Kami menargetkan realisasi pencairan dana BOS untuk tahap satu untuk sekolah tingkat SD berakhir Minggu ini,” tutupnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas