Pimpinan BRI Cabang Palu, Rits Jacobus De Fretes saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media di kantornya Jalan Moh. Hatta, Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Terkait adanya penerima manfaat yang menginap di kantor Cabang BRI Palu, pihak PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyampaikan bahwa pencairan dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) bisa dilakukan di kantor unit kerja milik BRI.

Demikian hal tersebut diungkapkan langsung oleh Pimpinan BRI Cabang Palu, Rits Jacobus De Fretes kepada Metrosulawesi dan sejumlah awak media lainnya di kantor BRI Jalan Moh. Hatta, Kota Palu, Jumat (23/4/2021).

Dijelaskan, pihaknya telah melakukan penyampaian dan berkoordinasi dengan masyarakat penerima BPUM. Namun, kenyataan sebagian dari penerima ketika ditanya mengenai hal tersebut mengatakan bahwa ingin segera mengambil dana bantuan itu yang akan digunakan untuk keperluan lebaran.

“Padahal dana ini sudah jelas tercantum untuk dipakai sebagai modal usaha, bukan digunakan untuk kebutuhan idul fitri. Dana ini bisa dicairkan di BRI terdekat yang sesuai domisili dan tempat tinggal para penerima BPUM. Begitu pula penerapan protokol kesehatan tetap kami utamakan,” ujarnya.

Lanjut Rits mengatakan, sementara pihaknya telah berupaya dalam memaksimalkan pelayanan terbaik bagi penerima BPUM maupun nasabah yang lainnya. Sedangkan, BRI Kantor Cabang Palu melayani transaksi sekitar 50 sampai ratusan orang per hari selama bulan ramadan.

“Yang datang menginap itu mereka yang tidak dapat nomor antrian. Untuk supaya mereka tidak lambat, makanya sampai begitu. Kita juga sudah jelaskan pelayanan BRI mulai jam 08.00 sampai 14.00 Wita, bahkan kita instruksikan agar layani nasabah hingga pukul 15.00 Wita,” ujarnya menambahkan.

Rits menambahkan bahwa operasional BRI di wilayah ini meliputi, Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala serta Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Dimana jumlahnya kurang lebih 35 kantor layanan yang terdiri dari 30 kantor unit, 2 KCP, 2 kantor Kas, dan 1 kantor Cabang.

“Sebaiknya kepada calon penerima BPUM agar mengakses laman https://eform.bri.co.id/bpum terlebih dahulu, sebelum mengambil haknya di kantor BRI terdekat guna menghindari terjadinya antrian. Kebetulan pencairan BPUM hingga Juni mendatang, jadi warga penerima tidak perlu khawatir,” sebutnya.

Ia menguraikan total dana penyaluran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2021 melalui Kantor BRI Cabang Palu senilai Rp43 miliar lebih dengan jumlah estimasi sebanyak 35.585 penerima. Dimana masing-masing pelaku usaha tentunya akan mendapatkan sekitar Rp1,2 juta.

“Sebab, sebagian penerima lanjutan bisa kita bilang adalah mereka yang sudah tahu prosesnya. Kalau yang baru ini masih diurus kembali verikasi terkait data dari Kementrian UMKM harus dicocokan dan kami buatkan lagi rekening,” tambahnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas