Home Ekonomi

BPOM Imbau Pedagang Takjil Untuk Perhatikan Makanan

Fauzi Ferdiansyah. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu mengimbau kepada pedagang takjil untuk selalu memperhatikan makanan dan minuman yang dijual selama bulan ramadan.

Kepala BPOM Palu, Fauzy Ferdiansyah meminta agar pedagang tidak menjual kembali dagangan yang tidak laku. Hal itu semata dapat memproteksi konsumen sehingga tidak terjadi sesuatu yang  diinginkan.

“Sebaiknya para penjual tidak menjual jenis makan basah, tetapi lebih mengutamakan makanan kering yang biasa bertahan sampai beberapa hari, sehingga aman dijual kembali,” tuturnya kepada Metrosulawesi, Rabu (21/4/2021).

Fauzy mengatakan untuk masyarakat dituntut harus lebih cermat dalam memilih menu takjil. Konsumen juga diminta lebih mewaspadai makanan maupun minuman selama ramadan ini yang mengandung bahan kimia.

“Cermat dalam memilih makanan, dan yang perlu diperhatikan, kemasan, warna dan tekstur, karena makan basah dapat dilihat dari tekstur, warna dan makanan kering dilihat dari kemasan dan yang mengandung bahan zat pewarna dan jenis bahan kimia,” ujarnya.

Meskipun begitu, kata dia, pihaknya terus melakukan pengawasan dan pemantauan uji sampel pada pekan pertama ramadan. Dalam hal ini, BPOM di Palu tidak menemukan takjil mengandung bahan berbahaya.

 “Ketika mendapatkan jenis makanan yang diduga ada penggunaan bahan kimia, sebaiknya membawa sempel pada kami sehingga kita dapat lakukan pengujian melalui laboratorium,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas