Home Sulteng

BKD Tak Pungut Biaya Karis/ Karsu

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulteng menegaskan tidak memungut biaya dalam fasilitasi pengurusan Kartu Istri/Suami (Karis/Karsu) Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah sebatas memfasilitasi pengolahan data/berkas agar sesuai ketentuan dan mengusulkan penerbitan Karis/Karsu tersebut kepada Kantor Regional IV BKN di Makassar. Terhadap layanan/fasilitasi ini, BKD tidak memungut biaya,” ujar Kepala BKD Sulteng, Asri, melalui keterangan tertulis, Minggu, 18 April.

Telah disampaikan ke pejabat pembina dan pengelola kepegawaian masing-masing perangkat daerah lingkup Pemprov Sulteng sehubungan dengan pelayanan/fasilitasi penerbitan Karis/Karsu PNS.

Asri mengatakan penerbitan Karis/Karsu adalah kewenangan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan untuk PNS Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan oleh Kantor Regional IV BKN di Makassar.

Adapun dokumen yang diperlukan dalam pengusulan Karis/Karsu PNS kepada BKD Provinsi Sulteng yaitu Surat Pengantar dari unit kerja PNS bersangkutan (OPD). Membuat formulir laporan perkawinan pertama. Membuat formulir susunan daftar keluarga PNS.

Selanjutnya foto kopi sah/dilegalisir Akta Nikah 2 lembar. Foto kopi sah/dilegalisir Kartu Pegawai (Karpeg) 2 lembar. Foto kopi sah/dilegalisir SK Kenaikan Pangkat terakhir 2 lembar dan pas foto uk 2 x 3 sebanyak tiga)lembar.

“Pembuatan formulir dokumen laporan perkawinan pertama dan formulir susunan daftar keluarga PNS tidak bisa ditulis tangan,” ucap Asri.

Untuk mendapat file formulir tersebut dapat menghubungi BKD Provinsi Sulteng melalui Subbid Fasilitasi Profesi ASN atas nama Noorma S. Nayu dengan kontak layanan 085341251402.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas