Home Palu

Warga Tawaeli Minta Cetak E-KTP di Kecamatan

PAKAI MASKER - Petugas Disdukcapil Kota Palu kini menggunakan masker sebagai langkah mengantisipasi penyebaran virus corona. (Foto: Dok Disdukcapil)

Palu, Metrosulawesi.id – Warga Kecamatan Tawaeli Kota Palu berharap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Palu menyediakan layanan pencetakan KTP elektronik di kantor kecamatan.

Pasalnya sejauh ini layanan KTP di kantor kecamatan tersebut baru sebatas pada perekaman data.

Harapan warga ini dikemukakan dalam Diskusi virtual yang dilaksanakan Dukcapil Palu, Jumat pekan lalu.

Diskusi dengan maksud menyapa masyarakat membahas segala hal terkait pelayanan administrasi kependudukan.

Menurut warga, hal itu akan sangat membantu masyarakat di Kecamatan Tawaeli. Apalagi jarak wilayah tersebut cukup jauh dengan kantor Dinas Dukcapil Palu.

“Kami sangat berharap pelayanan pencetakan KTP itu bisa dilayani di kantor kecamatan,” sebut warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Palu, Rosida Talib menjelaskan, diskusi virtual ini merupakan instruksi langsung Wali Kota Palu Hadianto Rasyid. Tujuan memang untuk menyapa masyarakat dalam hal pelayanan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkot Palu.

“Kegiatan ini akan digelar semua OPD Sampai 10 Mei mendatang,” jelasnya.

Rosida menyebut, sebelumnya Dukcapil Palu juga memang telah menjangkau pelayanan administrasi kependudukan ke tingkat kecamatan-kecamatan secara mobile.

Akan tetapi, melalui kegiatan diskusi virtual tersebut, diharapkan memang bisa memberi masukan-masukan untuk perbaikan pelayanan dimasa datang. 

“Bagusnya digelar rutin agar bisa mengetahui perkembangan layanan,” ujarnya.

Sebab menurut Rosida, peserta yang mengikuti diskusi itu hampir tersebar di seluruh kecamatan.

“Bahkan ada masyarakat dari Sigi dan Makassar yang mempertanyakan terkait layanan pindah penduduk,” katanya.

Untuk menginformasikan adanya kegiatan diskusi menyapa masyarakat secara luas, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Palu.

“Kerjasama dengan Kominfo. Mereka yang buat pengumuman di media sosial. Pegawai – pegawai Dukcapil juga ikut menyebarkan undangan ke group Watsapp,” paparnya.

Sementara terkait permintaan warga Tawaeli, pihaknya lanjut Rosida akan menindaklanjuti hal tersebut ke Wali Kota Palu.

“Kalau ada masukan, itu sangat berharga bagi kami sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan pelayanan. Catatan yang berkembang dalam diskusi akan segara kami laporkan ke pimpinan untuk ditindaklanjuti,” demikian kata Rosida Thalib. (bj*)

Ayo tulis komentar cerdas