Nilam Sari Lawira (NSL). (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id Dalam rangka Hari Kartini, Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Dr. Hj. Nilam Sari Lawira, SP, MP,  mengajak seluruh komponen organisasi perempuan Sulawesi Tengah (Sulteng)   merefleksikan perjuangan Kartini sebagai api semangat.

“Perjuangan Kartini harus kita inspirasi untuk menguatkan sinergi dan kohesivitas perempuan guna meluaskan ruang aktualisasi dalam pengambilan keputusan, ujar Nilam Sari Lawira (NSL), dalam siaran pers-mya, Rabu 21 April 2021.

Menurut NSL,  kesetaraan perempuan yang kita idam-idamkan kini telah berkembang luas. Tapi tidak disertai dengan anstusiasme yang tinggi untuk terlibat dalam proses-proses pembangunan.

“Saya mengajak seluruh perempuan Sulawesi Tengah untuk bangun sinergi dan kohesivitas untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan,” ajaknya.  

NSL mengungkapkan, bahwa tingkat partisipasi perempuan dalam ruang-ruang dialog yang ia buka selama menjadi Ketua DPRD cukup tinggi. Partisipasi perempuan dalam politik pembangunan juga makin terasa.

“Ketika kunjungan reses beberapa kali. Saya melihat antusiasme kaum perempuan begitu berkembang. Mereka bahkan telah membicarakan hal-hal dan kebutuhan di luar masalah domestik semata. Mereka juga membicarakan soal-soal pelayanan dasar, terutama masalah pengungsian,” ungkapnya.  

Sisi yang lain, ibu dari dua orang putra ini menambahkan,  kesetaraan perempuan yang telah berkembang sejauh ini telah menjadi pakem etis keumuman yang tidak lagi dianggap tabu. Perempuan dapat menjadi pemimpin, mengambil bagian dalam kerja politik dan kemanusiaan.

“Perempuan adalah sawah masa depan Sulawesi Tengah. Kalau perempuan Sulteng berdaya, Insya Allah daerah ini akan tumbuh generasi subur dan sehat untuk Sulteng maju dan sejahtera,” pungkas NSL. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas