Home Ekonomi

Puluhan UMK-IKM Terima Sertifikat Halal

10
PENYERAHAN - Ketua Satgas Layanan Halal Kanwil Kemenag Sulteng, H. Sofyan Arsyad, saat menyerahkan secara simbolis sertifikat halal kepada Wawali Reny Lamadjido, untuk diserahkan kepada pelaku usaha di Kota Palu, belum lama ini. (Foto: Istimewa)
  • Pelaku Usaha Diminta Jaga Kredibilitas dan Komitmen

Palu, Metrosulawesi.id – Pelaku usaha yang telah memiliki sertifikat halal, diminta untuk menjaga kredibilitas dan komitmen dalam memenuhi konsistensi kehalalan produk. Selain sebagai bentuk ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, hal itu sekaligus merupakan bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam jaminan kehalalan produk.

“Tolong jaga kredibilitas dan pemenuhan standar halal. Jangan sampai terjadi, karena telah menerima sertifikat halal, kita lalai dan mengabaikan komitmen untuk menerapkan sistem jaminan halal,” kata H. Sofyan Arsyad, Ketua Satgas Layanan Halal Provinsi Sulteng melalui ponselnya, belum lama ini.

Menurut Sofyan, cara paling mudah mewujudkan kredibilitas tersebut adalah dengan memahami dan konsisten menaati aturan Jaminan Produk Halal (JPH) yang berlaku serta secara konsisten menjaga kehalalan produknya dari waktu ke waktu. Segala yang ditunjukkan saat dilakukan audit halal agar terus dipertahankan. Mulai komposisi, bahan baku berlabel halal, alur dan lingkungan produksi serta aspek terkait lainnya.

“Jika terjadi penyimpangan, maka penyelia halal selaku pengawas internal perusahaan yang telah di SK-kan harus bertanggung jawab ,” tegas Sofyan.

Pada kesempatan itu, Ketua Satgas Halal yang juga Perwakilan BPJPH di daerah mengharapkan pelaku usaha penerima sertifikat halal untuk meningkatkan produksi dan memperluas area pemasarannya. Dengan label halal, terbuka peluang bagi mereka untuk menitipkan barang dagangan di pasar-pasar modern.

“Produk Anda kini bisa dipasarkan di pusat perbelanjaan dan swalayan besar, karena syarat yang diminta sudah terpenuhi,” ujarnya.

Kata Sofyan, sebelumnya, ada 23 sertifikat halal difasilitasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI, diserahkan kepada Wakil Wali Kota Palu, Reny Lamadjido untuk dibagikan kepada 23 pelaku usaha kecil dan menengah di Kota Palu.

Acara penyerahan sertifikat halal digelar sederhana di Lapangan Vatulemo, belum lama ini, bersamaan dengan pembukaan pasar murah. Turut hadir Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulteng, Kepala Bulog Regional Palu, Wakapolres Palu, Kadis Perindag Kota Palu dan Kadis Koperasi UMKM dan Naker Kota Palu.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas