Home Palu

Eks Lokasi Jembatan IV Jadi TPSS

16
TUMPUKAN SAMPAH - Sebagian tumpukan sampah yang berada di lokasi eks jembatan IV, Kota Palu, Jumat 16 April 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Warga yang yang sering mendatangi muara sungai Palu untuk bersantai di lokasi bekas Jembatan IV dan melihat munculnya buaya, dua hari terakhir harus tergganggu dengan bau busuk yang menyengat yang berasal dari tumpukan sampah rumah tangga yang ada di dua titik di lokasi itu.

Wartawan Metrosulawesi yang sengaja datang ke lokasi tersebut untuk memotret pemunculan buaya berkalung ban, Jumat, 16 April 2021, terkejut melihat adanya tumpukan sampah yang berada di pinggir sungai, tepatnya di bawah tiang bekas Jembatan IV.

Bukan itu saja, di lokasi bekas Taman Palu Nomoni yang berada tepat di bawah jalan Jembatan IV tersebut juga terlihat tumpukan sampah rumah tangga, dan sekitar pukul 11.00 WITA terlihat satu unit kendaraan roda tiga terlihat membuang sampah di lokasi itu.

Saat di konfirmasi wartawan terkait dengan tempat pembuangan sampah di lokasi tersebut, petugas pengangkut sampah berdalih bahwa dirinya hanya orang yang diperintah untuk membuang sampah di lokasi itu.

“Saya hanya orang diperintah Pak, dan ada surat tugas saya dari kelurahan,” ucapnya sembari memperlihatkan surat tugasnya yang ditandatangani oleh Plt Lurah Besusu Barat, Andriani S.Sos.

Bahkan petugas kebersihan kelurahan itu mengeluhkan tidak adanya bak sampah di lokasi tersebut. Dirinya mengatakan bahwa lokasi itu dijadikan lokasi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS).

“Tidak ada bak sampah disini,” ujarnya.

Ebit, warga yang biasanya datang ke lokasi itu mengeluhkan adanya sampah di lokasi yang seharusnya bebas sampah itu, karena sering dijadikan tempat bersantai warga di sore hari sambil melihat buaya ataupun nelayan yang sedang memancing.

“Kalau bisa jangan di wilayah sini tempat sampahnya, kami merasa terganggu,” ucapnya sembari berlalu karena tidak tahannya dengan bau busuk sampah itu.

Sementara itu, Plt Lurah Besusu Barat, Andriani S.Sos, saat dikonfirmasi terkait lokasi pembuangan sampah itu menjelaskan bahwa benar di lokasi itu akan dijadikan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) untuk wilayah Kelurahan Besusu Barat.

“Itu lokasi benar akan dijadikan TPSS, karena lokasi TPSS yang di Jalan Cut Mutia akan di pindahkan ke wilayah itu, karena wilayah itu tertutup,” ucapnya.

Saat ditanya apakah lokasi itu jika dijadikan TPSS tidak akan mengganggu aktivitas warga yang datang ke lokasi itu, Andriani mengungkapkan TPSS itu akan ditutupi dengan seng, dan sekitar lokasi itu tidak ada hunian warga.

“Akan ditutupi dengan seng dan tidak ada warga yang tinggal di lokasi itu,” ujarnya.

Andriani juga mengatakan TPSS itu sudah ada sejak Kamis, 15 April 2021.Namun dirinya akan kembali meninjau TPSS itu untuk melihat lokasi tepatnya.

“Saya akan tinjau kembali lokasi tersebut,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas