Supardi. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Donggala di Palu, Supardi, mengungkapkan pihaknya ikut sebagai penyelenggara rekrutmen ikatan dinas kementerian/lembaga vertikal bagi putra/putri daerah. Pelibatan BKN Donggala di Palu untuk pelaksanaan ujian dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT).

Supardi menyebut pelaksanaan ujian CAT ikatan dinas akan berlangsung pada akhir Mei mendatang. Pelaksanaan ujian dipusatkan di Kantor BKN Donggala di Palu Jalan Bantilan Nomor 20 Kecmatan Palu Barat, Kota Palu.

“Pendaftaran ikatan dinas sudah berjalan, rencana tesnya mulai tanggal 24 Mei 2021,” ungkap Supardi, Kamis, 15 April 2021.

Dia mengaku belum menerima jadwal resmi untuk ujian dinas sehingga tidak mengetahui durasi pelaksanaannya. Namun dipastikan penentuannya berdasarkan jumlah pendaftar ujian ikatan dinas.

“Jumlah pendaftar nanti yang menentukan berapa lama diadakan tes di Palu. Nanti tinggal dilihat pendaftarnya baru dibagi dengan berapa komputer dipakai dalam sehari. Sehari hanya bisa 150 peserta,” ujar Supardi.

Supardi menambahkan ada sejumlah kementerian/lembaga yang membuka seleksi ikatan dinas diantaranya Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, dan BMKG.

“Tapi kita belum tahu apakah di Sulteng ada semua karena biasanya tergantung dari pendaftar di wilayah masing-masing. Jadi kalau misalnya tidak ada pendaftar untuk instansi tertentu tidak mungkin dilaksanakan tesnya,” tandas Supardi.

Sebelumnya, Supardi mengungkapkan pihaknya juga fokus persiapan simulasi Computer Assisted Tes (CAT) CPNS tahun 2021. Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI, Tjahjo Kumolo, disebut telah mengeluarkan keputusan nomor 302 tahun 2021 terkait kebutuhan pegawai aparatur negara.

Menpan-RB memberikan jatah rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemenrintah dengan Perjanjian Kerja (PPKK) untuk pemerintah pusat dan daerah dengan total formasi 1.275.387. Total untuk pemerintah pusat sebanyak 83.669 formasi dengan rincian CPNS 57.547 formasi dan PPPK 26.122. Sedangkan untuk pemerintah daerah sebanyak 1.191.718 formasi dengan rincian CPNS 119.094 formasi dan PPPK 1.072.624 formasi.

Supardi mengatakan Kemenpan-RB belum melampirkan jadwal resmi untuk pelaksanaan rekrutmen. Namun perencanaan telah ditetapkan untuk pelaksanaan rekrtumen CPNS-PPPK akan dimulai akhir Mei 2021.

“Sudah ada ancang-ancang, pembukaan diperkirakan mulai akhir Mei, tapi tanggal pasti belum ada,” ungkap Supardi, Selasa, 13 April 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas