Home Palu

Rusunawa Untad Bisa Dihuni Ratusan Mahasiswa

13
TINJAU RUSUNAWA - Rektor Prof Mahfudz (lima dari kanan) didampingi sejumlah dekan, kepala lembaga/unit, dan Plt Kepala BAKP Untad, Drs Samsumarlin M.Si (kiri), saat meninjau Rusunawa Untad yang berlokasi di belakang Auditorium baru Universitas Tadulako, pada Selasa, 27 Oktober 2020. (Foto: Dok. Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Prof Dr Ir Mahfudz MP, mengungkapkan pembangunan Rusunawa yang diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) telah rampung. Rusunawa berlantai dua tersebut berlokasi tidak jauh dari bagian belakang Auditorium baru Untad.

“Sudah serah terima kunci, kita akan menyurat ke Direktur Perumahan untuk diberikan izin penggunaanya,” ungkap Prof Mahfudz di Palu, Kamis, 15 April 2021.

Prof Mahfudz mengatakan Rusunawa bisa dihuni mahasiswa Untad sampai ratusan orang. Untuk mahasiswa yang berhak menghuni Rusunawa masih akan dibahas menyangkut kriteria dan persyaratannya.

“Sementara dibuat SOP oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, nanti kita akan susun persyaratan dan kewajiban penghuni Rusunuwa,” tandas Rektor.

Sebelumnya diberitakan, Plt Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencenaan (BAKP) Untad, yang sempat dijabat Drs Samsumarlin M.Si, mengatakan pembangunan Rusunawa melalui Kementerian PUPR dengan pembiayaan dari APBN. Rusunawa baru Untad memiliki 50 kamar yang bisa menampung sampai 200 mahasiswa.

“Rusunawa dibangun dua lantai dengan jumlah sekitar 50 kamar. Dalam satu kamar bisa diisi empat mahasiswa. Jadi mungkin awal tahun Februari 2021 sudah bisa ditempati mahasiswa,” ujar Samsumarlin.

Dia mengatakan Rusunawa akan dihuni mahasiswa tanpa biaya sepeserpun alias gratis. Prioritas mahasiswa yang akan menempati Rusunawa yaitu yang terdaftar dalam program Bidikmisi atau KIP Kuliah.

Karena daya tampung terbatas, mahasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah akan diseleksi untuk bisa menghuni Rusunawa. Untad dikatakan akan membentuk tim khusus untuk menyeleksi mahasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah.

Operasional Rusunawa Untad nantinya akan dikelola oleh manajemen tersendiri secara profesional. Tujuannya agar Rusunawa bisa berkelanjutan untuk ditempati mahasiswa sesuai yang dipersyaratkan.

Samsumarlin menambahkan dibangunnya Rusunawa bisa membantu mahasiswa yang tidak memiliki tempat tinggal berasal dari luar Kota Palu. Dengan begitu, keberadaan Rusunawa memberikan manfaat.

“Pak Rektor sangat mengharapkan sekali mahasiswa baru yang dari luar Kota Palu bisa merasakan manfaat Rusunawa. Tapi sifatnya tempat tinggal sementara sambil mengikuti perkuliahan karena dibatasi hanya satu tahun,” tandas Samsumarlin.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas