Home Donggala

Pengurusan Akta Kelahiran Lebih Cepat

10
Taufik Yotolembah. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)
  • Program Balita dan Sehat

Donggala, Metrosulawesi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) akan terus meningkatkan pelayanannya, salah satunya adalah pembuatan akta kelahiran.

Di pembuatan akte kelahiran ini nantinya ada program Balita (Bayi Lahir Terbit Akta) dan Sehat (Sehari Terbit Akta).

“Program tersebut mempercepat pelayanan pembuatan akta kelahiran bayi yang baru lahir,” kata Kepala Dinas Catatan Sipil Donggala, Taufik Yotolembah, Rabu 14 April 2021.

Dia mengatakan program tersebut penting dilakukan mengingat anak yang memiliki akte kelahiran di Donggala baru mencapai 75 persen. Masih ada 25 persen yang tidak mengurus akta kelahirannya.

“Biasanya mereka tidak mengurus akta kelahiran karena dianggap telalu banyak persaratan. Oleh karena itu, program ini kami genjot untuk memastikan agar seluruh anak di Donggala memiliki akta kelahiran,” ujarnya.

Ditambahkannya program Balita dan Sehat ini bekerjasama dengan empat rumah sakit, dua rumah sakit di Donggala dua Rumah sakit di Kota Palu.

“Kami akan kerjasama dengan pihak rumah sakit, tujuannya bayi yang lahir di rumah sakit, pulang bisa langsung membawa akte kelahiran, Jika nantinya program ini sukses, akan diterapkan di Puskesmas yang terdapat di 16 Kecamatan di Kabupaten Donggala, persayaratan pembuatan akta kelahiran juga kita permudah, cukup KK saja dan data anak,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas