SEBELUM PANDEMI - Kakanreg BKN Makassar, Harun Arsyad, saat memantau pelaksanaan simulasi CAT sebelum pandemi Covid-19 berlangsung di UPT BKN Palu, pada Agustus 2019 lalu. (Foto: Dok BKN Palu)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Donggala di Palu, Supardi, membeberkan perkembangan rencana simulasi ujian Computer Assisted Tes (CAT) CPNS tahun 2021. Supardi menyebut sampai saat belum bisa dipastikan pelaksanaannya karena masih harus berkoordinasi dengan pusat.

“Kita belum laksanakan, nanti kita tanya lagi ke Jakarta, apakah masih bisa atau tidak?. Persoalannya untuk mengumpulkan orang di tengah pandemi Covid perlu persiapan,” ungkap Supardi kepada Metrosulawesi, Selasa, 13 April 2021.

Dia menyebut perencanaan awal pelaksanaan simulasi CAT berlangsung pada bulan puasa. Namun saat bersamaan UPT BKN Donggala di Palu tengah disibukkan dengan persiapan pelaksanaan seleksi ikatan dinas sejumlah lembaga vertikal akhir Mei mendatang.

“Nanti kalau memang sudah mepet waktunya kemungkinan tidak dilaksanakan (CAT CPNS). Kami khawatir jadwalnya akan tumpang tindih,” ujar Supardi.

Diberitakan sebelumnya, BKN Donggala di Palu merencanakan simulasi Computer Assisted Tes CPNS tahun 2021. Kepala BKN Donggala di Palu, Supardi, mengungkapkan pihaknya harus berkoordinasi dengan BKN Pusat di Jakarta.

“Kami belum berkoordinasi dengan BKN Jakarta terkait simulasi (CAT CPNS),” ungkapnya kepada Metrosulawesi, Selasa, 16 Februari 2021.

Dia mengatakan setelah dilakukan koordinasi baru akan ditentukan jadwal pelaksanaan simulasi. Dipastikan, pelaksanaan simulasi kali ini akan dibatasi mengingat masih pandemi Covid-19.

“Tetap akan diadakan simulasi CAT tapi akan kami batasi karena masih pandemi,” ucap Supardi.

Diketahui sebelum pandemi, BKN Donggala yang sebelumnya dengan nomenklatur BKN Palu, rutin melaksanakan simulasi CAT jelang pelaksanaan rekrutmen CPNS. CAT dilaksanakan tanpa pungutan biaya alias gratis. Simulasi ini dianggap penting sebab pelaksanaannya sama persis saat mengikuti tes CPNS.

Demikian juga dengan soal-soal simulasi mulai muatan dan susunannya sebagaimana yang akan diujikan saat CAT CPNS. Pengawasan simulasi juga dilakukan sebagaimana pelaksanaan CAT CPNS.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas