Home Donggala

Pemilu 2024, Kursi DPRD Donggala Bertambah

12
Taufik Yotolembah. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Pemilu masih menyisahkan tiga tahun ke depan, perdebatan penambahan kursi di DPRD Donggala sepertinya sudah terjawab.

Ketua KPUD Donggala M. Unggul yang dikonfirmasi belum lama ini mengatakan potensi penambahan kursi DPRD Donggala itu terbuka lebar, hanya saja hal ini bergantung pada Dinas Catatan Sipil sebagai bagian dari pemerintah dalam menyusun atau memebrikan laporan terkait penambahan penduduk.

“Potensi penambahan kursi itu ada, kami KPUD sebagai penyelenggara tehnis saja, kalau Capil proaktif melaporkan ketambahan penduduk ke Mendagri pasti DPRD ada ketambahan kursi,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Catatan Sipil Taufik Yotolembah yang ditemui di kantornya Rabu kemarin menjelaskan penduduk Kabupaten Donggala hingga tahun 2021 sudah mencapai tiga ratus empat puluh ribu lima ratus lima puluh delapan jiwa, dan jumlah ini sudah dilaporkan ke kementrian dalam negeri. Dan secara politis DPRD Donggala akan ada ketambahan kursi sebanyak lima.

“Di tahun 2021 ini yang sudah lakukan perekaman KTP sudah mencapai 98,48% atau sebanayak tiga ratus empat puluh ribu lima ratus lima puluh delapan jiwa, dan tersisa 2% lagi baru mencapai 100%,” katanya.

“Penambahan penduduk ini secara politis akan berimbas pada penambahan kursi di DPRD, karena kami sudah mengirim data ini ke kementrian dalam negeri, dan kementrian akan menuruskan lagi data ini ke KPU pusat, dan KPU pusat mengirim kembali data itu ke KPU Kota/kabupaten,” jelasnya.

Ditambahkannya dari 98,48% target yang sudah tercapai, masih kekeurangan 2% lagi, olehnya capil akan fokus pada pendataan pemilih pemula dan tahun ini terseelsaikan.

Terpisah, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Abd Rasyid yang ditemui di kantornya Rabu kemarin mengatakan ketambahan kursi DPRD satu kesukuran bahwa masyarakat Donggala akan memilki wakil rakyat sesuai dengan jumlah penduduk.

“Nah berarti sudah jelas bahwa untuk Donggala akan menjadi 35 kursi di DPRD atau bertambah 5 kursi dari 30 kursi dan ini sudah sesuai dengan ketentuan dan peraturan, rakyat Donggala akan memilih wakilnya sesuai dengan jumlah penduduk,” tutup.

Ayo tulis komentar cerdas