Home Pendidikan

99 Sekolah Lulus PSP Tahap Pertama, Disdikbud Sulteng Beri Apresiasi

16
Muchlis. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Muchlis mengapresiasi 99 sekolah di Sulteng mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA lolos mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP), yang merupakan program dari Kemendikbud RI dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

“Puluhan sekolah tersebut berhasil lolos pada tahap awal dan akan mengikuti tahap selanjutnya hingga benar-benar bisa menjadi sekolah penggerak yang ada di Indonesia. Khusus untuk Sulteng, hanya ada tiga daerah yang berhasil meloloskan sekolahnya untuk bisa menjadi sekolah penggerak, yakni Kota Palu, Kabupaten Banggai, Kabupatan Morowali,” kata Muchlis, di Palu, baru-baru ini.

Menurut Muchlis, Kemendikbud RI belum lama ini telah mengumumkan sejumlah sekolah di Indonesia, salah satunya Sulteng yang lolos PSP tahap pertama.

“Sebelumnya kami berupaya agar seluruh daerah yang terpilih untuk bisa menjadi percontohan program Sekolah Penggerak, agar mendaftarkan seluruh sekolah yang ada di Sulteng. Dari ratusan sekolah yang mendaftar, hanya ada 99 sekolah yang berhasil lolos pada tahap pertama. Kami berharap mereka bisa tetap konsisten untuk mengikuti berbagai seleksi Sekolah Penggerak,” ujarnya.

Muchlis mengatakan, program itu sangat penting bagi pengembangan pendidikan yang ada di Sulteng, sebab PSP ini merupakan program pemerintah pusat yang wajib dijalankan.

“Kiranya dengan adanya sejumlah sekolah yang lolos bisa memberikan banyak dampak yang baik kepada sekolah lainnya,” katanya.

Muchlis mengatakan, tidak bisa memaksakan seluruh sekolah untuk lolos, karena seluruh seleksi dilaksanakan secara nasional.

“Kami hanya sebatas menyarankan dan memberikan semangat, agar seluruh sekolah bisa mendaftarkan diri untuk bisa menjadi Sekolah Penggerak,” ungkapnya.

Muchlis mengaku akan terus memberikan dukungan kepada seluruh sekolah yang telah dinyatakan lolos, agar nantinya bisa melaksanakan seleksi dengan baik, dan diharapkan pada saat seleksi akhir ada banyak sekolah yang lolos.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas