Home Palu

Setiap Masjid Wajib taat Prokes

SAMBUTAN - Kakankemenag Palu, Nasruddin L Midu, saat menyampaikan sambutan di Rakor Pembahasan Ibadah Ramadan 1442 H, yang diadakan di Ruang Rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, baru-baru ini. (Foto: Istimewa)
  • Panduan Ibadah Selama Ramadan 2021

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu mengungkapkan, ada beberapa poin terkait edaran Menag RI terkait panduan ibadah di bulan suci Ramadan. Bahkan dalam menyeriusi edaran tersebut pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh KUA untuk memaksimalkan sosialisasi panduan ibadah yang termuat dalam surat edaran tersebut.

Menurut Nasruddin, hal itu juga merupakan tugas bersama pemerintah untuk memberikan pencerahan dan imbauan agar menaati protokol Covid-19 kepada masyarakat.

“Di Masjidil Haram saja tetap memakai protokol Covid-19, ini tolok ukur bagi masjid-masjid kita untuk menerapkan hal yang sama,” tegas Nasruddin, saat mengikuti rapat koordinasi panduan ibadah Ramadan, di Ruang Rapat Bantaya Kantor Walikota Palu, belum lama ini.

Nasruddin menekankan, empat poin pada surat edaran perlu diperhatikan yakni, Ibadah Salat Tarwih, malam Nuzulul Qur’an, pembayaran Zakat Fitrah dan momen hari raya Idul Fitri yang berpotensi mengumpulkan banyak orang. Harapannya langkah-langkah preventif melalui sosialisasi bisa mengurai massa tanpa harus mengesampingkan antusiasme masyarakat dalam beribadah.

“Misalnya pembayaran zakat, kita bisa melaksanakan pembayaran di awal Ramadan, saya telah menugaskan KUA untuk mengecek harga beras untuk menjadi acuan kita dalam membayar zakat agar menghindari berkumpulnya masa di waktu bersamaan,” ujar Nasruddin.

Menurut Nasruddin, pertemuan itu menghasilkan kesimpulan bahwa selama pelaksanaan kegiatan ibadah Ramadan bisa tetap berjalan dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Di setiap masjid juga diwajibkan menyiapkan tempat cuci tangan, para jemaah di masjid diharapkan menggunakan masker dan masjid menyediakan pengukur suhu tubuh.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas