Home Palu

Putra Daerah Diharap Gol ke Untad

20
SAAT MENINJAU - Rektor Prof Mahfudz (dua dari kiri) bersama jajaran berbincang di sela peninjauan UTBK SBMPTN hari pertama di SMKN 3 Palu Jalan Tanjung Santigi, Senin, 12 April 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Rektor Tinjau UTBK SBMPTN di Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Prof Dr Ir H Mahfudz MP, mengungkapkan harapannya agar putra daerah Sulawesi Tengah yang ingin melanjutkan kuliah bisa gol ke Universitas Tadulako (Untad). Hal ini diungkapkan Rektor usai peninjauan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) hari pertama di SMKN 1 Palu Jalan Kartini, Senin, 12 April 2021.

“Harapan kita semua putra daerah yang memilih Untad bisa lolos dengan mendapatkan nilai passing grade yang bisa dinyatakan lulus. Kalau tidak, pasti akan diisi dari luar karena ini murni berbasis passing grade,” ungkap Prof Mahfudz.

Dia mengatakan kuota mahasiswa baru Untad untuk jalur SBMPTN tahun ini cukup besar mencapai 4.000 lebih. Diharapkan kuota tersebut bisa terisi, utamanya pelamar putra daerah Sulteng.

Prof Mahfudz menyebut berdasarkan peninjauannya, pelaksanaan UTBK SBMPTN sudah berjalan dengan baik. Peninjuan yang dilakukan ke tiga lokasi Pusat UTBK SBMPTN Untad di Palu. Tiga lokasi dimaksud yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Palu, SMKN 2 Palu, dan SMKN 3 Palu.

Didampingi jajaran Wakil Rektor, sejumlah Dekan, dan Kepala BAKP Untad, Rektor mengawali peninjauan ke SMKN 2 Palu di Jalan Setia Budi. Hujan yang mengguyur Kota Palu tak menyurutkan langkah Prof Mahfudz bersama jajaran untuk memastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan baik.

“Tujuannya kita meninjau untuk menjamin keamanan dan kelancarannya (UTBK SBMPTN). Alhamdulillah, setelah kita mengunjungi tiga lokasi (SMKN 1, 2, 3 Palu) semua berjalan lancar dan aman,” ucap Prof Mahfudz.

Prof Mahfudz juga menyebut protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di ruang ujian telah diterapkan panitia Pusat UTBK Untad dengan baik. Sesama peserta ditetapkan jarak aman untuk meminimalisir interaksi sentuhan. Rata-rata setiap ruangan hanya diisi 10 sampai 15 peserta ujian.

“Saya harap sepanjang pelaksanaan UTBK dua tahap, panitia harus tetap disiplin menjaga dan memastikan penerapan protokol Covid,” tandas Rektor.

Diketahui, jumlah pendaftar calon mahasiswa baru jalur SBMPTN yang memilih mengikuti ujian di Pusat UTBK Untad sebanyak 7.746 peserta. Jumlah tersebut terdiri dari peserta SAINTEK 2.956 orang atau 38,16%, peserta SOSHUM 3.139 orang atau 40,52%, peserta CAMPURAN (SAINTEK dan SOSHUM) 1.651 orang atau 21,31%.

UTBK–SBMPTN dilaksanakan dua gelombang yaitu ke satu tanggal 12-18 April dan gelombang dua tanggal 26 April – 2 Mei 2021. Namun untuk di pusat UTBK-SBMPTN Untad dilaksanaan dari 12 April sampai 1 Mei saja atau berakhir satu hari lebih cepat dari jadwal nasional. Adapun untuk pengumuman hasil UTBK SBMPTN dijadwalkan pada 14 Juni mendatang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas