Home Poso

Pemkab Poso Tetap Gelar Safari Ramadan

13
Drs Sainuddin. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Poso  tetap melaksanakan Safari Ramadhan sebagaimana tahun sebelumnya meski di tengah pandemi covid-19.

 Kegiatan Safari Ramadhan tentu tidak semeriah dimana  melibatkan rombongan  pejabat pemkab sebagaimana mestinya, namun terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, semuanya  mengalami perubahan di mana satu masjid hanya seorang pendamping dan dai.

“Untuk Tahun ini Pemkab Poso tetap melaksanakan Safari Ramadhan yang dimulai tanggal 16 April 2021 mendatang yang akan akan dilepas Wakil Bupati Poso M Yasin Mangun, tentu pelaksanaan terbatas mengingat kondisi daerah kita sedang melawan Covid 19, dimaknai dalam Safari Ramadhan adalah kegiatan Pemkab Poso melalui Bagian Kesramas yang setiap tahun dilaksanakan, namun tahun ini begitu terbatas, seluruh kecamatan akan diisi dai dalam ceramah, namun pendamping atau pejabat juga terbatas, satu dai didampingi satu pejabat,” tegas Drs Sainuddin, Kepala Bagian Kesramas Poso.

Lanjut ditambahkannya, kebiasaannya Safari Ramadhan tahun sebelumnya, berlangsung dari shalat Insya hingga tarawih, dan membawa rombongan dalam jumlah besar dan dilaksanakan buka bersama dan sholat tarawih berjamaah, semua ini menurutnya sudah tidak dilaksanakan.

“Dai hanya mengisi ceramah agama dengan dibatasi waktu dimana sebelumnya bersama pendamping berbuka puasa di tempat yang sudah disediakan dan tidak bersama jamaah atau mengumpulkan orang banyak, karena dalam edaran Gubernur Sulteng sudah diatur pelaksanaan nya,” ujar Sainuddin.

Diakuinya,  pelaksanaan Safari Ramadhan tahun ini tetap dilaksanakan. Hanya saja, kegiatan pada Ramadhan 1441 tahun ini tidak mengikut sertakan rombongan dalam jumlah banyak, dan tidak ada buka puasa bersama.

Sementara itu, Ketua PHBI Kabupaten Poso Atmadjaya Mardjun  dalam Kunjungan bersama Wakil Bupati Poso Yasin Mangun dalam melihat kesiapan masjid-masjid dalam pelaksanaan shalat tarawih   kembali mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan ibadah shalat tarawih di masjid. Namun, harus tetap mengikuti imbauan pemerintah diantaranya memakai masker, menjaga jarak, dan BKM masjid harus menyediakan tempat cuci tangan bagi jamaah.

“Mudah-mudahan ibadah bulan suci ini ummat muslim di Poso  tetap lancar, dan langkah pencegahan Covid-19 juga terlaksana,” harap Atmadjaya.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas