Home Donggala

FRD Desak Bupati Copot DB Lubis

15
DEMO - FRD berunjuk rasa mendesak Bupati Donggala Kasman Lassa mencopot DB Lubis dari jabatannya sebagai Inspektur Inspektorat Donggala, Senin 12 April 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Forum Rakyat Donggala (FRD) berunjuk rasa mendesak Bupati Donggala Kasman Lassa mencopot DB Lubis dari jabatannya sebagai Inspektur Inspektorat Donggala, Senin 12 April 2021.

Aksi di bawah guyuran hujan itu dimulai dari bundaran Kantor Dinas Perikanan dan berakhir di kantor Inspektorat Donggala.

“Bupati harus menindaklanjuti surat Inspektorat Provinsi bernomor 700.05/02/SKITKAB/2020 tanggal 2 Januari 2020 dan nomor 709/05RHS/Pemsus/2020/ITDA tanggal 1 Oktober 2020, DB Lubis telah menyalahgunakan wewenangnya,” kata koordinator Aksi Heri Soumena.

“Bukan hanya itu, DB Lubis juga diduga mengintervensi kepala desa di program TTG (teknologi tepat guna) berdasarkan surat nomor 700/216.i/ITKAD/IX/2020 perihal undangan klarifikasi, kemudian surat CV Mardiana nomor 014/SU.MMP/PL/IV/2020,” sebutnya.

Heri juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk segera mengeksekusi DB Lubis sesuai dengan keputusan Mahkamah Agung (MA) nomor 1047K/pid/2021.

“Ada mantan napi menjabat dan terkesan diistimewakan. Ada apa, DB Lubis sudah merusak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Donggala, bupati harus copot dB Lubis,” serunya.

Ditambahkan Heri, jika tuntutannya tidak disahuti ia berjanji akan turun dengan massa yang lebih besar lagi dan akan membongkar praktek gratifikasi bagi-bagi proyek di lingkup Pemerintahan Kabupaten Donggala.

“Kami berusaha untuk diam, tapi jangan anggap kami sampah yang terbuang, jika tuntutan kami tidak disahuti, kami akan turun lagi dengan jumlah massa lebih besar, dan kami akan bongkar gratifikasi proyek alias bagi-bagi proyek yang sudah dijatah atau sudah belum ditender sudah ada pemenangnya (catatan khusus),” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas