Home Palu

BPOM Terjunkan Puluhan Personel Intensifikasi

Fauzi Ferdiansyah. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)
  • Pengawasan Pangan Bulan Ramadan

Palu, Metrosulawesi.id – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Palu mulai melakukan peningkatan pengawasan (intensifikasi) pangan jelang Ramadan 1442 H Tahun 2021. Kepala BPOM di Palu, Fauzi Ferdiansyah, mengungkapkan pihknya menerjunkan puluhan personel untuk melakukan intensifikasi di wilayah pengawasannya.

“Kita sudah mulai melakukan pengawasan satu minggu menjelang puasa. Jumlah petugas kita banyak, yang untuk pemeriksaan ada 15 orang dan untuk laboratorium 25 orang, tapi secara bergantian,” ungkap Fauzi kepada Metrosulawesi, Sabtu, 10 April 2021.

Dia mengatakan intensifikasi pengawasan rutin dilakukan setiap tahun, khususnya jelang momen Ramadan dan Idul Fitri. Sasaran intensifikasi ke berbagai pusat-pusat perbelanjaan, distributor, dan tokoh-tokoh yang menjual kebutuhan pangan.

Fauzi menuturkan, saat momen Ramadan dan Idul Fitri, peredaran dan distribusi pangan meningkat dari hari biasa. Olehnya BPOM disebut wajib melakukan intensifikasi untuk memastikan panganan yang beredar aman dikonsumsi masyarakat.

“Pengawasan tidak hanya secara mandiri oleh Balai POM, nanti juga akan terpadu dengan lintas sektor yang lain. Karena kalau kita berbicara rantai pangan sangat panjang, mulai dari bahan baku, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, dan lainnya,” tuturnya.

Dikatakan, BPOM Palu akan memfokuskan intensifikasi pengawasan panganan yang sudah dikemas mulai panganan jajanan, siap saji, dan dalam kondisi segar. Paket panganan yang sudah dalam parsel juga akan menjadi sasaran pengawasan.

“Masyarakat kadang-kadang tidak bisa melihat label atau kedaluwarsa makanan yang sudah di parsel makanya harus kita periksa untuk memastikan mutu dan keamanan untuk dikonsumsi,” ujar Fauzi.

Namun dengan wilayah pengawasan yang cukup luas, BPOM di Palu disebut hanya bisa menyasar beberapa pusat perbelanjaan saja. Olehnya diharapkan peran aktif masyarakat untuk selektif dalam membeli panganan. Sebelum membeli suatu produk, masyarakat harus ingat cek klik.

“Cek klik yaitu cek kemasan, label, izin edar, dan tanggal kedaluwarsa produk pangan untuk memastikan aman dan bermutu,” pungkas Fauzi.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas