Home Ekonomi

Bantuan Usaha Mulai Dicairkan, Penerima 2020 Bisa Cek di Bank

21
WAWANCARA - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parimo, Sofiana saat diwawancara sejumlah Wartawan di ruang kerjanya, Jumat 9 April 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Parigi Moutong, Sofiana mengatakan, bahwa pelaku usaha mikro yang telah menerima program BPUN di tahun 2020 lalu kembali menerima bantuan yang sama pada tahun 2021 dengan total bantuan Rp1,2 juta. 

“Sehingga ini menjadi kabar gembira bagi pelaku usaha, khususnya yang ada di Parigi Moutong. Dimana, mereka yang telah menerima BPUN tahun 2020 kemarin, ternyata tahun ini kembali menerima bantuan yang sama. Akan tetapi dananya hanya Rp1,2 juta saja, bukan lagi Rp2,4 juta,” jelas Sofiana selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parimo, pada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Jumat 9 April 2021.

Lanjut dia, untuk informasi terkait hal itu akan disampaikan oleh pihak perbankan saat pihaknya melakukan koordinasi tekait penyaluran dana bantuan kepada pelaku usaha. Hanya saja, pihaknya belum mengetahui apakah penerima tahun 2020 itu, seluruhnya menerima atau tidak.

Sehingga, kata dia para pelaku usaha yang masuk dalam data tahun 2020 bisa melakukan pengecekan langsung ke bank wilayah masing-masing atau melalui aplikasi e-Form BRI.

“Kami sangat mengharapkan ini untuk membantu para pelaku usaha dan menambah modal usaha. Apalagi menjelang bulan Ramadhan seperti saat ini,” ujarnya.

Selain itu, kata dia sesuai informasi pihak perbankan sebagai mitra dalam penyaluran bantuan program BPUN bahwa para pelaku usaha yang masuk dalam data 2020, di beberapa wilayah di Parigi Moutong sejak dua hari terakhir telah melakukan proses pencairan.

“Di Bank BRI Tolai, Toboli dan Parigi itu, bantuan untuk pelaku usahanya banyak yang sudah dicairkan dananya. Makanya untuk pelaku usaha yang masuk data 2020, segera untuk melakukan pengecekan,” katanya.

Dia meminta kepada para pelaku usaha yang belum tersentuh program BPUN dan telah memasukan datanya agar terdaftar sebagai penerima tahun 2021 ini, diminta tetap bersabar. Karena, pihaknya saat ini terus melakukan penginputan data yang telah diterima, hingga tanggal 30 April 2021 mendatang. 

“Untuk itu, bagi pelaku usaha yang sudah memasukkan datanya, agar bersabar. Karena kami terus berupaya semaksimal mungkin. Dan saat ini data-data sedang kami input,” tuturnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas