Home Palu

Stok Darah Tinggal Delapan Kantong

14
PELAYANAN - Tampak suasana pelayanan di UTD PMI Sulteng di jalan Kartini Palu, Jumat, 9 April 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • PMI Harap Masyarakat Tak Takut Mendonor

Palu, Metrosulawesi.id – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Sulteng saat ini memprihatinkan. Kepala Laboratorium Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Sulteng, Uliani, mengungkapkan saat ini sebagian besar masyarakat masih takut mendonor pasca pandemi virus corna (Covid-19) merebak.

“Stok darah yang ada sekarang di PMI Sulteng tinggal delapan kantong,” ungkapnya saat ditemui Metrosulawesi di Palu, Jumat, 9 April 2021.

Ulini merincikan stok tersebut terdiri atas tiga kantong darah A, dua kantong darah B dan dua kantong darah O, ditambah satu kantong trombosit. Jumlah pendonor darah saat ini disebut berkurang drastis dampak pandemi virus corona.

Saat permintaan darah banyak, PMI Sulteng disebut dengan terpaksa meminta pihak keluarga pemohon untuk pencari pendonor. Selain itu, upaya mencari pendonor juga dimaksimalkan melalui berbagai media sosial.

“Kami biasa harus meminta keluarga pasien untuk mencari pendonor darah,” ucap Uliani.

UTD PMI Sulteng melakukan upaya dengan terus gencar pelayanan jemput bola di sejumlah titik. Setiap Jumat, pelayanan donor darah keliling disiagakan di masjid-masjid di Kota Palu. Selain itu, Sabtu dan Minggu dilaksanakan pelayanan donor darah di titik-titik keramaian masyarakat seperti lapangan Vatulemo Palu.

Olehnya, Uliani mengharapkan masyarakat tidak perlu takut untuk mendonorkan darah karena pihaknya melaksanakan pelayanan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Masyakarak juga bisa datang langsung mendonor ke UTD PMI Sulteng di jalan Kartini Palu. Darah yang didonorkan masyarakat sangat berarti bagi orang yang sangat membutuhkan seperti keperluan pasca operasi dan persalinan.

“Sangat kami harapkan kesadaran masyarakat agar mendonorkan darah supaya bisa membantu orang yang membutuhkan di rumah sakit,” kata dia.

Masyarakat sendiri dikatakan akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan setelah melakukan donor darah. Beberapa manfaat kesehatan dari donor darah yaitu untuk sirkulasi darah dan berat badan akan seimbang.

“Selain itu, dengan donor darah akan diketahui ada tidak penyakit dalam tubuh karena kita ada pemeriksaan empat macam penyakit menular lewat transfusi,” tandas Uliani.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas