Home Nasional

Muhammad J Wartabone Ajak Warga Maknai Empat Pilar Kebangsaan

27
FOTO BERSAMA - Anggota DPD RI perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Buya sapaan akrabnya Dr. Muhammad J. Wartabone, SH, M.Hi melakukan sesi foto pada kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Anggota DPD RI perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Dr. Muhammad J. Wartabone, SH, M.Hi mengajak seluruh warga negara untuk memaknai empat pilar kebangsaan.

Buya mengajak seluruh warga negara tersebut dalam kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan, dilaksanakan di Jalan Juanda, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Kamis malam, 8 April 2021.

Menurut Buya dalam sosialisasi yang berlangsung aman dan nyaman tersebut karena menerapkan protokoler kesehatan, ini adalah salah satu tugas MPR yang tertuang melalui keputusan Nomor 1 Tahun 2019. Dimana empat prinsip menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan berkebangsaan dan bernegara.

“Ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan pemahaman terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya

Demikian pula dirinya menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar mempersatukan pendapat dan jangan sampai mudah terprovokasi dengan hasutan serta isu-isu tertentu yang dibawa oleh oknum tidak bertanggungjawab.

“Kami berharap tidak hanya semakin memahami soal dasar negara. Tetapi juga dapat meningkatkan kerukunan dan toleransi terhadap sesama. Seperti dicerminkan dari sikap dan perilaku setiap warga negara,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa nilai toleransi perlu dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi, banyaknya potensi negatif dari kemajemukan bangsa mesti dikelola dengan baik agar tak berujung pada konflik dan perpecahan.

“Begitupun potensi integrasi bangsa juga harus diperkuat dengan menonjolkan budaya gotong royong, mendorong kerukunan umat beragama, suku, daerah dan partai politik,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas