Home Palu

Tiap Kelurahan Buat Jalur Pengangkutan Sampah

4
RAKOR - Suasana Rapat Koordinasi (Rakor) Efektivitas Pengelolaan Kebersihan dan Persampahan wilayah itu di di Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kecamatan Palu Selatan, Kamis, 8 April 2021. (Foto: Dok. Birobuli Selatan)
  • Rakor Persampahan Kecamatan Palu Selatan
  • Kecamatan Palu Selatan Dibantu 6 Unit Armada Sampah

Palu, Metrosulawesi.id – Kecamatan Palu Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Efektivitas Pengelolaan Kebersihan dan Persampahan wilayah itu di di Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kecamatan Palu Selatan, Kamis, 8 April 2021. Rakor yang dipimpin langsung oleh Camat Palu Selatan, Abdul Arief, S.Sos ini juga dihadiri pihak DLH Kota Palu dan Lurah se-Kecamatan Palu Selatan.

Lurah Birobuli Selatan, Hisyam Baba yang dihubungi via ponselnya, Kamis, 8 April 2021,mengatakan ada beberapa poin yangdihasilkandalam rakor tersebut.

“Kecamatan Palu Selatan akan menerima armada sampah sebnyak 6 unit. Setiap 1 unit armada sampah akan melayani 1 kelurahan dengan sistem 4 retasi/hari. 1 unit armada sampah lagi akan bertugas secara mobile untuk melayani sampah di TPS ilegal di 5 kelurahan sesuai dengan kebutuhan masing-masing yang bersifat mendesak atau harus segera ditangani,” kata Lurah Hisyam.

Dia mengungkapkan, tiap lurah di Kecamatan Palu Selatan akan membuat jalur pengangkutan sampah, baik sampah yang ada di TPS ilegal maupun sampah yang berada di TPS resmi di wilayahnya masing-masing.

“Ini bertujuan agar jalur pengangkutan sampah tersebut setiap hari secara konsisten dilalui oleh armada sampah, dan sampah yang ada di jalur itu dapat diangkut setiap hari,” jelasnya.

Hisyam mengungkapkan, pelaporan retasi pengangkutan sampah setiap hari oleh sopir armada sampah untuk sementara masih dilaporkan di Posko Pengendali DLH Kota Palu.

“Setiap armada sampah harus mampu melayani 1 kelurahan dalam sehari dan pengangkutan sampah oleh armada sampah harus tuntas setiap hari,” jelasnya.

Pengangkutan sampah yang dilakukan oleh armada itu, kata Hisyam, akan dilaksanakan mulai jam 06.00 wita sampai dengan selesai.

Hisyam mengatakan setiap sopir armada sampah harus mengetahui jadwal kerja bakti anggota Padat Karya di kelurahan yang menjadi tanggung jawabnya.

“Setiap armada harus mengangkut sampah/rumput yang dihasilkan oleh pekerjaan Padat Karya,” katanya.

Untuk efektivitas pengelolaan kebersihan dan persampahan di seluruh kelurahan di wilayah Kecamatan Palu Selatan, maka di rekomendasikan utk membentuk WA Grup utk mempermudah koordinasi dan penuntasan masalah secara komprehensif;

Selain itu, kata Hisyam, agar koordinasi persampahan di Kecamatan Palu Selatan berjalan efektif maka Camat Palu Selatan dan Lurah se-Kecamatan Palu Selatan serta komunitas peduli lingkungan diharuskan memiliki alat komunikasi berupa Handy Talky (HT).

“Dan harus memiliki frekwensi gelombang radio tersendiri demi kelancaran komunikasi dalam pengelolaan kebersihan dan persampahan di semua kelurahan di wilayah Kecamatan Palu Selatan.Untuk memperkuat sinergitas ini, kami juga akan bekerjasama dengan Aliansi Palu Bersih,” ungkapnya.

Hisyam mengungkapkan, pada rakor itu juga diputuskan bahwa setiap kelurahan di wilayah Kecamatan Palu Selatan dapat meminta partisipasi para pelaku usaha di wilayahnya untuk membantu memberikan bingkisan kepada petugas kebersihan secara sukarela, terutama saat hari raya besar keagamaan.

“Seluruh sopir armada dan petugas kebersihan yang akan bertugas di wilayah Kecamatan Palu Selatan akan dikumpulkan di Kantor Kecamatan Palu Selatan pada hari Jumat, 9 April 2021, jam 17.00 wita untuk diberikan arahan dan petunjuk oleh DLH Kota Palu dan Camat Palu Selatan demi suksesnya program Palu Adipura di wilayah Kecamatan Palu Selatan,” ungkap Hisyam.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas