Home Palu

DP Verifikasi Faktual Tiga Media di Palu

5
SERAHKAN BERKAS - Pimpinan Redaksi metrosulawesi.id, Indra Yosvidar (kiri) menyerahkan berkas kepada Winarno staf ahli bidang Pendataan Media Dewan Pers di kantor Metrosulawesi, Kamis 8 April 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Koran Metro Sulawesi dan media online metrosulawesi.id, telah menjalani verifikasi faktual oleh Dewan Pers, Kamis 8 April 2021. Verifikasi vaktual bertujuan untuk mengecek langsung apakah media yang diverifikasi itu benar-benar memiliki kelengkapan dokumen dan persyaratan lain, yang dipersyaratkan oleh perundang-undangan.

Alhamdulillah dalam verifikasi faktual itu, semua dokumen yang diminta oleh Dewan Pers telah terpenuhi. Dengan demikian, koran Metro Sulawesi dan metrosulawesi.id tinggal menunggu keputusan status lolos ferivikasi faktual dari Dewan Pers.

“Soal hasil verifikasi faktual ini nanti akan kita umumkan di website Dewan Pers, setelah kami dari tim pendataan merapatkannya di pusat. Tapi syukurlah semua administrasi yang kami minta semua sudah dilengkapi,” kata Winarno staf ahli Dewan Pers yang menangani pendataan pers kepada Metrosulawesi, Kamis 8 April 2021.

Beberapa dokumen yang diminta itu antara lain: Akta pendirian perusahaan, Kartu Uji Kompetensi pemimpin redaksi dan wartawannya, aturan perusahaan, perlindungan wartawan hingga ke soal perlindungan sosial terhadap wartawan.

Selain Metro Sulawesi, Tim verifikasi faktual Dewan Pers itu juga melakukan hal yang sama ke media Kabarcelebes.id. Di sana juga dimintakan dokumen-dokumen yang sama.

“Jadi tinggal tunggu saja hasilnya,” kata Winarno.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas