Home Parigi Moutong

Tersesat di Hutan, Samiin Ditemukan Selamat

4
DITEMUKAN - Tim SAR gabungan menemukan Samiin warga Desa Long, Kecamatan Dampelas, yang dihilag lantaran tersesat di dalam hutan. (Foto: Ist/ Dok. Basarnas Palu)

Palu, Metrosulawesi.id Setelah dinyatakan hilang, Samiin, warga Desa Long, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, akhirnya ditemukan tim SAR gabungan, Kamis 8 April 2021. Saat ditemukan, Samiin dalam kondisi lemas di bawah pohon.

Kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes, dalam keterangannya kepada Metrosulawesi.id, menuturkan, Samiin dilaporkan hilang pada Minggu 4 April 2021. Samiin pamit dari rumah menuju ke kebun taman asri—tepatnya di Desa Long.

‘’Korban dilaporkan pihak keluarga, tidak kembali ke rumah sejak pergi ke kebun meninggal rumah menuju kebun,’’ tutur Andrias.

Atas laporan itulah, tim SAR gabungan, terdiri dari tim rescue Basarnas Palu, Polsek Dampelas, Babinsa dan masyarakat setempat, melakukan pencarian di areal raman asri.

Alhasil, kata Andreas, pukul 18.35 wita kami mendapatkan informasi dari tim di lapangan jika korban sudah ditemukan oleh warga. Korban ditemukan di sekitar sungai Taipa sekitar 10 km dari lokasi kejadian.  

Saat ditemukan, posisi korban berada dibawah pohon dengan kondisi lemas dan kelelahan. Tim rescue selanjutnya melakukan penanganan medis dan memberikan makanan dan minuman.

‘’Pengakuan korban kepada petugas di lapangan. Dirinya tersesat, saat hendak kembali,’’ urai Andreas.

 ‘’Setelah dilakukan pemeriksaan,  korban dievakuasi ke rumah korban dan saat ini telah diserakan kepada pihak  keluarganya,” papar Andreas.

Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai, unsur SAR yang terdiri dari tim rescue Basarnas Palu, Polsek Dampelas, Babinsa dan masyarakat setempat kembali kekesatuannya masing-masing. (*/edy)

Ayo tulis komentar cerdas