Home Parigi Moutong

Empat Daerah Irigasi Direhabilitasi

4
WAWANCARA - Kabid SDA Dinas PUPRP Parimo Moh Aflianto Hamzah saat wawancara di ruang kerjanya. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, Moh. Aflianto Hamzah mengungkapkan,, bahwa pekerjaan di bidang SDA tahun 2021 yang sudah dimulai pekerjaannya yakni Daerah Irigasi (DI) Malanggo, DI Sigenti, DI Labalang dan DI Parigi Kanan. Anggaran proyek tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Masing-masing pekerjaan rehabilitasi empat DI tersebut anggarannya bersumber dari DAK 2021 dan pekerjaan tersebut dimulai pada bulan Maret 2021 hingga September 2021 mendatang,” ungkap Kabid SDA Dinas PUPRP Parimo, Moh. Aflianto Hamzah kepada Metrosulawesi ditemui di ruang kerjanya, Senin 5 April 2021.

Lanjut dia, dari empat paket pekerjaan DI itu, ada rehabilitasi saluran dan ada rehabilitasi bendung. Masing-masing paket pekerjaan DI tersebut tersebar di tiga kecamatan yang ada di Parigi Moutong yakni Kecamatan Kasimbar yang direhabilitasi DI Labalang, kecamatan Tinombo Selatan yang direhabilitasi DI Malanggo dan DI Sigenti. Sementara di kecamatan Parigi Barat rehabilitasi DI Parigi Kanan.

Dia mengatakan, dari anggaran DAK tahun 2021 bidangnya mendapatkan Rp.4 miliar lebih. Jadi,  dari empat paket pekerjaan rehabilitasi DI tersebut dibagi, yakni rehabilitasi DI Labalang sebesar 1,5 miliar lebih, rehabilitasi DI Parigi Kanan sebesar Rp. 1,3 miliar, rehabilitasi DI Malanggo sebesar Rp.900 juta lebih dan rehabilitasi DI Sigenti sebesar Rp. 900 juta lebih.

“Perlu diketahui, bahwa daerah irigasi ini merupakan daerah prioritas, sebenarnya DI prioritas ini banyak, akan tetapi dengan keterbatasan anggaran di Pusat, jadi kami memilih mana DI yang paling prioritas untuk direhabilitasi, maka dari itu ke empat DI tersebutlah yang kami prioritaskan untuk direhabilitasi tahun 2021 ini dengan DAK,” tuturnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas