Home Palu

7.746 Peserta Pilih UTBK di Untad

7
Yutdam Mudin. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • SBMPTN 2021

Palu, Metrosulawesi.id – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tahun 2021 telah berakhir pada 2 April. Koordinator Pelaksana UTBK Untad, Yutdam Mudin, mengungkapkan sebanyak 7.746 peserta memilih untuk mengikuti UTBK yang dilaksanakan Universitas Tadulako.

“Peserta UTBK 7.746 itu adalah calon mahasiswa baru yang mendaftar masuk perguruan tinggi di Indonesia, bukan hanya Universitas Tadulako, tapi tesnya di Untad,” ungkap Yutdam, Senin, 5 April 2021.

Dia mengatakan peserta memilih Untad karena merupakan salah satu perguruan tinggi negeri penyelenggara UTBK secara nasional. Dari 7.746 peserta yang akan mengikuti UTBK, 2.956 merupakan kelompok tes sains dan teknologi, 3.139 kelompok tes sosial dan humaniora, sisanya 1.651 kelompok tes campuran.

“Pelaksanaan UTBK dua gelombang mulai 12-18 April, dan gelombang kedua dilaksanakan pada 26 April – 2 Mei. Tapi untuk di Untad nanti hanya sampai 1 Mei dengan total 26 sesi,” ucap Yutdam.

Pelaksanaan tes UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Adapun pengumuman hasil UTBK SBMPTN akan dijadwalkan pada 14 Juni mendatang.

Yutdam menyebut belum diketahui jumlah peserta SBMPTN yang akan berkuliah di Untad. Namun diketahui, untuk jalur SBMPTN, Untad mendapat kuota sebanyak 4.036 mahasiswa baru atau 46 persen dari total kuota Untad tahun ini yakni 8.720 orang. Adapun pendaftaran UTBK SBMPTN telah dibuka sejak 15 Maret 2021.

Sebelumnya, Yutdam mengungkapkan bagi siswa yang belum bisa dilayani sekolah membuat surat keterangan lulus bisa menggunakan surat keterangan kelas 12 untuk mendaftar UTBK SBMPTN tahun 2021.

“Karena UTBK dilaksanakan mulai 12 April, siswa belum ujian akhir makanya disilakan buat surat keterangan kelas 12 dari sekolah yang bersangkutan,” ungkap Yutdam, Kamis, 25 Maret 2021.

Dia menerangkan surat keterangan dimaksud harus disertai foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah, dan tandatangan kepala sekolah masing-masing. Kebijakan dikelurakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Pusat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas