Home Politik

Tuty: Jangan Baper

12
Sekretaris DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Tuty Zarfiana (kiri), memimpin jalannya rapat koordinasi antara Sekretaris DPRD se-Sulawesi Tengah, Selasa 30 Maret 2021. (Foto: Zainal/ Humpro DPRD Sulteng)
  • Rakor Sekwan se-Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Sekretaris DPRD Sulawesi Tengah, Tuty Zarfiana beserta sekretaris DPRD kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah membahas memaksimalkan pelayanan terhadap anggota DPRD ditengah refocusing anggaran. Saling berbagi strategi disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) sekreatris DPRD kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah, Selasa 30 Maret 2021 di Baruga DPRD Sulteng.

Dalam Rakor tersebut, refocusing anggaran menjadi salah satu topik utama dalam pembahasan. Pasalnya, Sekwan se-Sulteng dituntut memfasilitasi seluruh kepentingan anggota dewan dalam menyerap aspirasi masyarakat, disisi lain pandemi covid-19 memaksa anggaran seluruh OPD harus dipangkas. Karena itu, sekwan se-Sulteng memanfaatkan momentuk Rakor tersebut untuk memformulasikan keadaan, tetapi tidak mengurangi pelayanan kepada anggota dewan memperjuangan aspirasi masyarakat.

Ajang Rakor itu juga menjadi bahas saling berbagi tips dalam memfasilitasi kepentingan anggota dewan, memastikan agar wakil rakyat tetap menjalankan fungsinya.

“Kita masing-masing punya teknik dalam memfasilitasi kepentingan anggota dewan. Namun demikian, segala dinamika yang terjadi di tubuh DPRD, jangan sampai dimasukkan ke-hati (baper). Dengan begitu kita bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tutur Tuty.

Rapat-rapat ditengah pandemi covid-19 yang sering dilakukan secara daring (dalam jaringan) tak luput menjadi pembahasan. Sekwan se-Sulteng ingin memastikan rapat Daring memiliki kekuatan hukum, mengingat keputusan DPRD selalu diambil jika jumlah anggota dewan yang hadir itu quorum.

Salah satu masukan adanya landasan hukum rapat Daring, disampaikan Kabag Persidangan dan Risalah DPRD Sulteng, Wahid Irawan, dimana poin rapat Daring dicantumkan dalam Tata Tertib (Tatib) DPRD. Dengan demikian, tidak ada lagi keraguan bagia DPRD atas keputusan yang mereka ambil.

Penyampaian tersebut disambut baik seluruh sekwan, dan akan dimasukan dalam poin rekomendasi nantinya.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas