Home Donggala

Warga Kulolo Tuntut Pemerintah Siapkan Air Bersih

15
DEMO - Puluhan warga Dusun Kulolu Keluarhan Ganti, Donggala, Senin (28/3/2021) mendatangi Kantor Bupati Donggala. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Puluhan warga Dusun Kulolu Kelurahan Ganti, Donggala, Senin (28/3/2021) mendatangi Kantor Bupati Donggala.

Kedatangan warga yang dipimpin oleh Kalbi itu menuntut pemerintah memperhatikan fasilitas air bersih di daerah yang berbatasan langsung dengan Kelurahan Boneoge.

“Dari 2017 fasilitas SPAM dibangun, tapi sampai sekarang kami belum bisa menikmati air bersih. Berikan kami air bersih sekarang juga tanpa syarat dan pungutan pajak dari pemerintah daerah,” kata koordinator aksi di depan Sekda Rustam Efendi dan Sekretaris Dinas PU.

Selain persoalan air bersih, Kalbi juga meminta pemerintah daerah memperhatiakn kondisi nelayan Dusun Kulolo.

“Berikan juga kompensasi kepada nelayan Kulolo yang terdampak covid,” sebutnya.

Sementara itu, Pejabat Teknis PU di hadapan warga Kulolu mengatakan di Dusun Kulolo sudah dilakukan pengeboran untuk kebutuhan air bersih.

“Dua kali kami lakukan pengeboran, pertama kedalaman 30 meter airnya masih asin, kemudian ditambah lagi kedalaman 75 meter tapi airnya pahit,”katanya.

Sekda Rustam Efendi yang menerima warga Dusun Kulolo, berjanji akan menyelesaikan persoalan air bersih di Dusun Kulolo.

“Besok kami bersama dinas teknis akan meninjau lokasi, pa camat dan lurah Ganti tolong besok warganya dihadirkan juga di lokasi. Tahun ini air bersih harus mengalir di Dusun Kulolo Kelurahan Ganti,” sebutnya.

Setelah mendengar penjelasan dari dua pejabat pemda, warga Kulolu yang mayoritas dihadiri ibu-ibu membubarkan diri dengan pengawalan dari Polsek dan Polres Donggala.

Diketahui, dusun Kulolo mayoritas warganya berprofesi sebagai nelayan penghasil ikan batu. Dusun ini berdiri tahun 1961 terletak di pesisir pantai terletak di pegunungan. Sejak tahun 1961 juga warga Kulolu tidak mendapatkan air bersih. Masyarakat Kulolo terpaksa memikul air bersih dari dusun tetangga. Selain itu masyarakat Kulolo menggunakan fasilitas pembelian air bersih berkapasitas 100 liter dengan harga 50 ribu.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas