Home Palu

Ratusan Mahasiswa Ikut General Lecture Series

PEMATERI - Changzoo Song Ph.D dari University of Auckland, New Zealand sebagai pemateri General Lecture Series (seri kuliah umum) ke enam melalui zoom meeting, Senin, 29 Maret 2021. (Foto: Istimewa)
  • Bahas Peradaban hingga Rekonsiliasi China, Jepang dan Korea

Palu, Metrosulawesi.id – Ratusan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad) mengikuti General Lecture Series (seri kuliah umum) ke enam melalui zoom meeting, Senin, 29 Maret 2021.

General Lecture Series ini masih difasilitasi oleh Eurasia Foundation FKIP Untad di Palu, Sulawesi Tengah. Koordinator Project Eurasia Foundation FKIP Untad, Purnama Ningsih, mengungkapkan General Lecture seri ke enam mengusung tema “China, Japan, and Korea: Shared Civilization, Conflict, Ressentiment, and Reconciliation”.

“Tema ini membahas peradaban hingga rekonsiliasi China, Jepang, dan Korea,” ucap Purnama.

Eurasia Foundation FKIP Untad mengahadirkan Changzoo Song Ph.D dari University of Auckland, New Zealand. Sejumlah perwakilan dosen turut menyimak pemaparan Changzoo Song.

Salah satu poin yang disampaikan Changzoo Song yaitu pada abad ke 12, Jepang bekerjasama dengan sekutu Mongolia untuk menguasai China dan Korea. Ini sebagai bentuk keserakahan Jepang untuk menguasai China dan Korea.

Dikatakan, yang menjadi korban bukan hanya dari kalangan tentara, juga kalangan masyarakat. Hal ini kemudian bertahun-tahun menjadi ketakutan bagi masyarakat China dan Korea.

Namun dengan seiring waktu berlalu, telah terjadi rekonsiliasi yang salah satu perwujudannya kini melalui pertukaran pelajar. Tiga negara tersebut sudah saling mengirim pelajar untuk menimbah ilmu.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kesediaan Changzoo Song Ph.D menjadi pemateri general lecture seri ke enam,” tandas Purnama.

Diketahui, pada general lecture seri ke empat, Eurasia Foundation FKIP Untad menghadirkan Direktur Produksi Perusahaan Umum Produksi Film Negara (PFN), Sutjiati Eka Tjandrasari, yang lebih dikenal sebagai Tjandra Wibowo.

Kuliah umum ini mengusung tema “Build Creativity Innovation Through Video” atau membangun kreativitas dan inovasi melalui video. Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamuddin, turut hadir menyimak paparan pemateri.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas