Home Donggala

Sang Inisiator Itu Pimpin DPC Peradi Donggala

20
SK PENGURUS – Ketua DPC Peradi Donggala, Hamka Akib saat menerima SK dari ketua DPN Peradi Prof. Dr Otto Hasibuan SH MH, belum lama ini. (Foto: Metrosulawesi/ Sudirman)

Palu, Metrosulawesi.id – Kehadiran Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan SH MH, dalam pelantikan pengurus peradi di Vila Bukit Indah Doda, Jalan Totosi, Desa Doda, Kecamatan Kinovaro, Sigi, Sulawesi Tengah, menjadi sejarah tersendiri bagi pengurus DPC Peradi Donggala. Karena Otto Hasibuan, resmi melegitimasi susunan kepengurus DPC Peradi Donggala yang diketuai Hamka Akib SH, pada malam hari itu.

Ditemui Metrosulawesi, Jumat, 26 Maret 2021, Hamka Akib, ketua DPC Peradi Donggala mengatakan DPC Peradi Donggala, terbentuk sejak tanggal 13 Maret 2021. Untuk resminya kepengurusan DPC Peradi Donggala, yang pertama priode 2021-2026 itu bersamaan pada saat pelantikan pengurus DPC Peradi Palu dibawah Pimpinan ketua Dr Muslim Mamulai SH. MH.

“Di DPC Peradi Donggala ini, adalah beberapa teman teman dari LBH yang ada di Donggala. Pembentukan DPC Peradi Donggala ini, alhamdulillah yang inisiasi saya sendiri, dan alhamdulillah saya juga diamanahkan untuk pimpin DPC Peradi Donggala,” ungkap Hamka Akib kepada Metrosulawesi.

Sebagai pemimpin DPC Peradi Donggala, kedepanya kata Hamka bertujuan bagaimana terus memajukan organisasi DPC Peradi Donggala yang memiliki wilayah hukum kerja cukup luas, yakni meliputi wilayah Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi. Hal itu dikarenakan wilayah kerja DPC Peradi Donggala meliputi wilayah hukum Pengadilan Negeri Donggala.

“Dalam kepengurusan DPC Peradi Donggala ini, terdapat beberapa teman advokat dari Kabupaten Pasangkayu, karena penyumpahan mereka dilakukan di Palu,” sebut Hamka lagi.

Hamka mengutarakan DPC Peradi Donggala di bawah kepemimpinannya kedepan akan memajukan DPC Peradi Donggala hingga bisa seperti DPC Peradi Palu. Keberadaan DPC Peradi Donggala, semua juga tidak lepas dari kerja-kerja teman di DPC Peradi Palu, dan Koordinator Wilayah Sulteng DPN Peradi.

“Karena kalau bukan karena rekomendasi mereka, DPC Peradi Donggala tidak akan terbentuk,” tegasnya.

Kedepannya DPC Peradi Donggala, akan melaksanakan kerja-kerja sebagaimana diatur oleh AD/ART Peradi. Seperti membangun sinergitas dengan lembaga hukum lainnya terkait hal-hal pemberian pelayanan hukum dan yang terpenting adalah bekerja untuk memberikan pelayanan hukum atau bantuan kepada masyarakat pencari keadilan.

“Kita juga akan meningkatkan perekrutmen anggota DPC Peradi Donggala, melalui kegiatan seperti PKPA dan UPA, karena dengan telah berdiri sendiri, DPC Peradi Donggala, juga telah dapat melakukan PKPA dan UPA, tentunya jika ini kita lakukabn, tetap kita akan membangun koordinasi dengan DPC Peradi Palu dan Korwil Sulteng DPN Peradi,” tandasnya.

Alamat kantor DPC Peradi Donggala, saat ini berada di salah satu kelurahan di wilayah kecamatan Banawa Ibu Kota dari Kabupaten Donggala. Selain dirinya yang memimpin sebagai ketua DPC Peradi Donggala, sebagai sekretaris DPC Peradi Donggala adalah Denny Patta Eppe. SH, sedangkan Bendahara adalah Fitriani S. Pairunan SH.

Reporter: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas