Home Sigi

Embung Pertanian Atasi Masalah Peternak di Marawola

10
MULAI PEMBANGUNAN - Sekkab Sigi, Muh Basir meletakan batu pertama pembagunan embung pertanian di Desa Padende, Kecamatan Marawola. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pembangunan embung pertanian subsektor peternakan di Desa Padende, Kecamatan Marawola dimulai. Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi, Muh. Basir, Sabtu, 27 Maret 2021. Pembangunan embung ini dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Sigi bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Sekkab mengatakan, pembangunan embung sangat diperlukan bagi subsektor peternakan. Embung akan sangat berarti bagi kelangsungan usaha peternakan yang dikelola oleh kelompok ternak yang kerap kali mengalami kekurangan air pada musim kemarau.

Embung yang merupakan salah satu upaya konservasi air tepat guna harus berada dalam kawasan peternakan yang diperuntukkan untuk hijauan pakan ternak, sanitasi dan minum ternak agar kebutuhan air untuk usaha ternak terpenuhi utamanya saat musim kemarau.

“Dengan adanya pembangunan embung ini bisa meningkatkan produksi pada semua subsektor baik itu sektor peternakan serta tanaman pangan. Sehingga yang menjadi skala prioritas adalah yang rawan terdampak bencana kekeringan dan kebanjiran akibat anomali iklim,” ujarnya.

Muh. Basir berharap, agar seluruh instansi terkait baik secara langsung maupun tidak langsung dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat dan urusan pertanian subsektor peternakan. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan ini selanjutnya.

“Kepada penerima manfaat kegiatan pengembangan embung pertanian dapat melakukan pemeliharaan bangunan fisiknya di wilayahnya masing-masing sehingga diharapkan kedaulatan pangan pada setiap wilayah penerima bantuan dapat segera terwujud,” tuturnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas