UJIAN SEKOLAH - Sejumlah guru di salah satu sekolah saat mempersiapkan soal ujian sekolah secara daring, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – SMA se-Kota Palu saat ini secara serentak melaksanakan Ujian Sekolah (US) secara daring. Ujian tersebut dilaksanakan susuai dengan kesepakatan seluruh kepala sekolah untuk pelaksanaan US di masa pandemi.

“Ujian tersebut rencananya akan dilaksanakan selama sepekan ke depan, yang dimulai pagi hingga sore hari. Di masa pandemi, sekolah dilarang untuk melaksanakan ujian di kelas, karena pemerintah belum memberikan izin kepada sekolah untuk melaksanakan ujian secara tatap muka walaupun di sejumlah daerah di Sulteng ada yang melaksanakan ujian secara tatap muka,” kata Ketua MKKS SMA Kota Palu, Salim, belum lama ini.

Salim mengatakan pelaksanaan ujian ini sesuai dengan kesepakatan bersama seluruh SMA di Kota Palu.

“Pada pelaksanaan ujian kali ini kami hanya bisa melaksanakan secara daring maupun luring, sesuai dengan kemampuan sekolah masing-masing. Jadi kami juga tidak melarang untuk sekolah memanggil para siswanya untuk mengambil soal ujian di sekolah, setelah soal tersebut diambil, mereka kerjakan di rumah masing-masing,” ujarnya.

Intinya kata Salim, pelaksanaan ujian kali ini diserahkan sepenuhnya kepada sekolah masing-masing, sebab pihaknya juga tidak bisa memaksakan sekolah untuk bisa melaksanakan secara daring. Apalagi sekolah di pinggiran Kota Palu, kemungkinan masih banyak mengalami kendala maupun kekurangan fasilitas.

“Kami hanya berupaya untuk bisa mendorong sekolah untuk bisa melaksanakan ujian dengan baik karena ujian ini merupakan salah satu ketentuan di sekolah untuk para siswa ke depannya. Mereka juga diberikan kepercayaan untuk bisa menilai para siswanya masing-masing,” jelasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas