Home Donggala

Legislator Donggala Ramai-Ramai Ingin Jadi Bupati

18
Ketua KPU Donggala, Moh Unggul. (Foto: Istimewa)
  • Pilkada 2024

Donggala, Metrsoulawesi.id – Pilkada serentak tahun 2024 masih tiga tahun lalu, namun sejumlah figur di Kabupaten Donggala sudah ancang-ancang untuk berkompetisi menggantikan Kasman Lassa sebagai Bupati Donggala.

Tidak terkecuali anggota DPRD Kabupaten Donggala, dari tiga puluh jumlah anggota beberapa nama sudah terang-terangan mengutarakan niatnya untuk menjadi orang nomor satu di Donggala.

Fraksi PKS misalnya, sudah mempersiapkan dua orang kadernya yakni ketua DPRD Donggala, Takwin dan ketua Fraksi PKS Abd rasyid. Nasdem juda demikian, tiga orang kadernya digadang-gadang turut andil di Pilkada pertama Wakil Ketua DPRD Donggala Sahlan L Tandamusu, Moh Taufik, dan Widya Kastrena Lassa.

Sementara untuk partai Gerindra, hanya berpusat pada satu nama yakni Wakil Bupati Donggala saat ini, Moh Yasin.

Selanjutnya PKB yang memiliki empat kursi di DPRD, mengadang-gadang nama peringkat dua pilkada 2018 lalu Taufik Burhan,

Ketua fraksi Nasdem Donggala, Moh Taufik mengatakan sebagai kader selalu bersiap sedia jika itu (maju pilkada) perintah partai.

Ditempat terpisah Ketua KPU Kabupaten Donggala, Moh Unggul yang dimintai keterangan perihal pelaksanaan pilkada, Kamis 25 Maret 2021 menjelaskan saat ini KPU telah membuat simulasi tahapan pelaksanaan Pilkada serentak.

Lanjut Unggul, rujukan pilkada serentak adalah UU nomor 10 tahun 2016 yang saat ini belum dilakukan revisi, artinya pilkada 2024 tetap mengacu pada UU lama begitu juga dalam penetapan jalur perseorangan.

“UU 10 tahun 2016 diamanahkan Pilkada serentak 2024 pada bulan November, untuk paslon perseorangan tetap mengacu pada regualsi lama 10% dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT),” sebutnya.

“Untuk jadwal voting day pilkada belum ditetapkan, tetapi dipastikan pelaksanaannya bulan November 2024. KPU masih membuat simulasi tahapan, Pilkada setelah Pemilu yang direncanakan Februari atau Maret 2024, hasil pemilu dijadikan acuan untuk mengusung calon bupati,” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas