Home Palu

Upaya Meningkatkan Kunjungan Domestik dan Mancanegara

9
FOTO BERSAMA - Pj Sekretaris Provinsi Sulteng, H. Mulyono, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sulteng, I Nyoman Sriadijaya, saat foto bersama di kegiatan Workshop Penyusunan Paket Wisata, di salah satu Hotel di Palu, Rabu, 24 Maret 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Workshop Penyusunan Paket Wisata

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Workshop Penyusunan Paket Wisata di salah satu Hotel di Palu, Rabu, 24 Maret 2021.

Pj Sekretaris Provinsi Sulteng, H. Mulyono mengatakan, pemerintah daerah sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terlaksananya workshop itu.

“Saya menilai kegiatan ini sangat bermanfaat dalam pengembangan strategi pemasaran pariwisata, guna membangun dan memajukan pariwisata khususnya di kabupaten/kota se-Sulteng,” ungkap Mulyono.

Menurut Mulyono, pariwisata adalah salah satu sektor andalan yang mampu menjadi penghasil devisa bagi negara. Bahkan dapat mendorong kebutuhan ekonomi, meningkatkan pendapatan daerah, memperdayakan perekonomian masyarakat, memperluas lapangan pekerjaan, dan kesempatan berusaha.

“Selain itu pariwisata dapat memasarkan produk nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, dengan memanfaatkan keunikan budaya bangsa dan kekayaan serta pesona Indonesia yang beraneka ragam,” katanya.

Mulyono mengatakan, Sulteng tentu saja dapat menarik keuntungan dari sektor pariwisata, karena cukup memiliki syarat untuk menjadi destinasi wisata turis domestik maupun luar negeri, dimana pusat pemandangan perkotaannya menarik karena didukung kekayaan alam, keunikan budaya, serta wisata bahari yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

“Hal ini merupakan potensi dan peluang dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, Pemerintah Provinsi Sulteng memandang penting dan memberikan perhatian penuh terhadap kegiatan bidang pengembangan industri pariwisata Sulteng,” ujarnya.

Sehingga kata Mulyono, para mitra usaha pariwisata mampu menyusun paket wisata serta dapat bersinergi dengan pemerintah dalam menunjang pendapatan daerah, menjalankan keberlanjutan perkonomian masyarakat di era pandemi ini.

“Penyusunan paket wisata sangat diperlukan karena berhubungan langsung dengan transportasi, akomodasi, dan pramuwisata. Olehnya itu kegiatan ini diharapkan nantinya dapat berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang akan berkunjung di Provinsi Sulteng ,” ungkapnya.

Di kegiatan itu, Mulyono kembali mengingatkan agar para peserta dan narasumber dalam kegiatan itu dapat memprioritaskan protokol kesehatan selama pelaksanaan workshop tersebut.

“Saya berharap seluruh peserta kiranya dapat mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan baik hingga selesai, dan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini dapat segera diaplikasikan demi mewujudkan pariwisata Sulteng yang maju, mandiri, dan berdaya saing,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas