Home Palu

Larangan Parkir Depan Kantor Wali Kota, Warga Minta Pindahkan Mesin ATM-nya

17
DIPROTES WARGA - Rambu tanda larangan berhenti atau pun parkir tepat di depan Kantor Wali Kota Palu telah terpasang. Larangan parkir ini diprotes warga yang ingin bertransaksi di ATM yang ada di sekitar itu. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kebiasaan warga Kota Palu umumnya yang akan menggunakan fasilitas ATM di Kantor Wali Kota Palu memarkir kendaraan tepat di depan Kantor Wali Kota Palu, karena jaraknya yang dekat. Namun kini, masyarakat harus ikhlas memarkir kendaraannya di seberang kantor Wali Kota Palu.

Beberapa warga pun mengeluhkan hal ini. Salah seorang warga Kota Palu, Tauhid mengaku heran dengan pemberlakuan parkir tersebut. Menurutnya, ATM adalah fasilitas umum, jika pun alasannya untuk keindahan atau karena terganggu lalu lintas keluar masuk kantor Wali Kota Palu tidak masuk akal.

“Parkirnya kan bisa ditata rapi. Agak aneh jika baru sekarang diberlakukan seperti ini. Dan juga itu ATM kan fasilitas umum, baru kami cuma sebentar parkir kendaraan, sampai kemarin di sini ada masyarakat yang baku marah dengan Satpol PP yang jaga depan Kantor Wali Kota. Jika ini kemauan Wali Kota Palu, masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan selain parkir disini,” kata Tauhid saat ditemui usai mengambil uangnya di ATM Kantor Wali Kota Palu, Rabu, 24 Maret 2021.

Hal senada disampaikan Micheal, salah seorang warga Jalan Veteran. Menurutnya, lokasi parkir yang berubah di ATM Kantor Wali Kota Palu adalah kebijakan yang mubazir.

“Ini mubazir kabijakan seperti ini, membuat warga susah. Masih banyak hal lain yang perlu dibenahi di Kota Palu ini. Diatur saja yang baik parkirnya, pasti tidak mengganggulah kalau kita parkir tepat depan kantor Wali Kota. Baru sekarang lokasi parkir di sini berubah, harus di seberang jalan (Kantor Wali Kota), padahal cuma sebentar kita parkir disitu,” jelasnya.

Michael mengatakan, jika tidak dibolehkan parkir di situ, maka sebaiknya pindahkan saja gardu ATM itu ke tempat lain.

“Warga parkir di situ kan cuma mau transaksi di ATM. Kalau Sat Pol PP-nya tidak repot, pindahkan saja mesin ATM-nya itu. Jangan ditaruh di situ,” kata Michael.

Menanggapi hal ini, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP), Trisno Yunianto mengatakan, tidak ada larangan parkir depan Kantor Wali Kota Palu.

“Tidak ada larangan parkir di depan Kantor Wali Kota Palu untuk ambil ATM, silakan parkir, cuma sekarang parkirnya di seberang jalan, tidak jauh kok, tidak dipungut biaya lagi. Malahan kalau hari libur, kami suruh parkirnya di dalam Kantor Wali Kota Palu,” jelasnya.

Kata dia, kalau parkir tepat di depan Kantor Wali Kota Palu itu pemandangannya jadi tidak bagus, karena banyak yang akan parkir di situ.

Yang pasti, kata Trisno, tidak ada larangan dari pihaknya untuk parkir di depan Kantor Wali Kota Palu.

“Dan di situ tidak ada pungutan parkir, kalau ada berarti pungli itu. Saya juga tidak tahu siapa yang taruh ATM itu di depan situ, saya juga tidak tahu, kan bisa juga di samping,” ungkapnya.

Reporter: Yusuf Bj
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas