Ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Palu, Dr Muslim Mamulai SH MH. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Rabu 24 Maret 2021, malam ini Ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Palu, Dr Muslim Mamulai SH MH beserta seluruh pengurus periode 2021-2026 akan dilantik langsung Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Dr. Otto Hasibuan SH MH. Pelantikan berlangsung di Vila Bukit Indah Doda, Jalan Totosi, Desa Doda, Kecamatan Kinovaro, Sigi, Sulawesi Tengah.

Kehadiran Otto Hasibuan merupakan merupakan kebanggaan tersendiri bagi pengurus serta anggota DPC Peradi Palu, Sulawesi Tengah. Terkhusus bagi mantan staf ahli di lembaga Komisi Yudisial (KY) DR Muslim Mamulai SH MH.

Karena pelantikan itu, merupakan awal bagi Muslim Mamulai menahkodai DPC Peradi Palu hingga lima tahun kedepan.

Advokat senior di kota Palu itu, diamanahkan memimpin DPC Peradi Palu setelah terpilih dalam Musdalub DPC Peradi Palu, 30 Januari 2021.

Ditemui Metrosulawesi, Selasa, 23 Maret 2021, Muslim mengatakan sebagai ketua pemimpin tujuannya kedepan tidak lain adalah bagaimana terus memajukan organisasi DPC Peradi Palu, motivasinya adalah profesionalisme peradi menuju single bar demi terwujudnya organisasi yang mandiri dan bermartabat.

Dia mengutarakan, DPC Peradi Palu, di bawah kepemimpinannya kedepan akan membangun sinergitas, kemudian saling pengertian dan saling menghargai antar sesama penegak hukum, dan tidak ada sekat atau melebih-lebihkan sesama penegak hukum. Karena dengan terbitnya, UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang advokat, maka advokat sejajar dengan penegak hukum lainnya, yakni Polisi, Kejaksaan, dan Hakim.

“Bahkan ada konsep yang terbaru yang dikemukakan oleh Wamenkumham, bahwa kedepan itu bukan lagi disebut caturwangsa tetapi sudah disebut pancawangsa. Dan sudah akan gandengan dengan lembaga pemasyarakatan. Karena apa, produk terakhir dari kita semua penegak hukum adalah ke lembaga pemasyarakatan. Sehingga cita-cita kedepan nanti bagaimana membuat masyarakat yang menjadi terpidana itu, bisa kembali ke masyarakat diterima dan menjadi lebih baik,” ujar Muslim.

Di bidang kelembagaan, Muslim sapaan akrabnya berjanji, akan mengupayakan Peradi Palu memilik kantor atau sekretariat sendiri. Begitu juga dengan tata pengelolaan keuangan DPC Peradi Palu, Muslim berjanji akan lebih transparansi, sehingga semua bisa mengetahuinya termasuk hal-hal yang akan dilakukan DPC Peradi Palu, selama kepemimpinannya.

“Alhamdulillah terkait dengan pengelolaan keuangan, DPC Peradi Palu sudah memiliki rekening tersendiri di Bank Mandiri,” katanya.

Sementara itu, Ketua panitia pelantikan, Yohanes Budiman SH MH, menambahkan, di kepemimpinan Muslim Mamulai, DPC Peradi Palu akan mengintensifkan kerjasama lintas instansi, baik itu pemerintah maupun swasta, yang asas manfaatnya tidak lain, adalah untuk masyarakat. Katanya, pentingnya komunikasi ini, supaya masyarakat lebih tahu dan tidak ketinggalan soal hukum. Dengan begitu, masyarakat pun bisa memahami bahwa Peradi tidak saja sebagai organisasi profesi, tetapi juga berperan dalam memberikan pendidikan bagi masyarakat.

“Jadi itu yang akan kita lakukan kedepan,” kata Yohanes.

“Bagaimama strateginya,? tanya Metrosulawesi.

“Setiap advokat atau pengacara dapat membangun komunikasi lintas sektor. Sehingga kedepan Peradi bisa lebih diterima masyarakat, dibanding masyarakat menerima konsultasi hukum dari pihak-pihak yang tidak berkompetensi terhadap pendidikan hukum itu sendiri,” jawabnya.

Di kepemimpinan Muslim Mamulai katanya, akan lebih mengintensifkan hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang ada di daerah ini. Dan juga akan membangun komunikasi intens terhadap lebaga penegak hukum lainnya, seperti Kejaksaan, Kepolisian dan Hakim.

“Kenapa perlu dengan penegak hukum lainnya. Karena selama ini seperti ada kebuntuan, bahwa dimana sih posisi pengacara dalam memberikan pendampingan hukum. Itulah yang akan kita coba jelaskan nantinya kepada masyarakat. Dan tentunya ini tidak lepas dari peran-peran media. Untuk mengikuti aktivitas Peradi kedepan seperti apa? Karena semua akan kita lakukan dengan transparans,” terangnya.

Kehumasan DPC Peradi Palu, Moh. Fajrin Rahmatu SH, mengatakan, kegiatan pelantikan dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Pelantikan pengurus DPC Peradi Palu Priode 2021-2026, merupakan momentum bagus, mengingat pelantikan akan dihadiri langsung ketua umum DPN Peradi,” ujarnya.

Sekaitan dengan itu, pihaknya berharap ketua umum DPN Peradi mengetahuinya, bahwa DPC Peradi Palu juga menginginkan adanya rekonsiliasi, sehingga tujuan single bar itu dapat tercapai.

“Bagaimana bisa tercapai, sementara di kubu kami terjadi perpecahan. Oleh karena itu kedatangan ketua umum ini, adalah suatu cara kita untuk menyampaikan, agar organisasi ini menjadi satu wadah tunggal. Dan insyaallah ini juga akan disampaikan langsung oleh Ketua DPC Peradi Palu terpilih,” pungkasnya.

Reporter: Sudirman
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas