Home Sulteng

Pemprov akan Gelar Job Fair

14
Arnold Firdaus. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Arnold Firdaus, mengungkapkan pihaknya akan melaksanakan job fair atau bursa kerja tahun 2021 dalam waktu dekat ini.

“Sebenarnya harus di TW (triwulan) I atau di April, awal TW II, tapi karena pandemi dan ada refocusing anggaran, harus menyesuaikan,” ungkap Arnold, Senin, 22 Maret 2021.

Dia mengatakan karena masih pandemi Covid-19, pelaksanaan job fair tak akan sama seperti saat situasi normal. Pelaksanaannya dirancang tanpa tatap muka langsung antara penyedia lapangan kerja dengan pencari kerja.

Menurut Arnold, pelaksanaan job fair tanpa tatap muka langsung untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebab dipastikan job fair akan menimbulkan kerumunan yang bisa menjadi klaster penularan Covid-19.

“Agak berisiko mengundang kerumunan, sulit kita kendalikan nanti kalau terjadi seperti itu,” ucapnya.

Namun Arnold mengaku belum menentukan waktu pasti pelaksanaan job fair. Hal itu karena pihaknya saat ini menunggu penuntasan refocusing anggaran. Diketahui, pada 2020, Disnakertrans Provinsi Sulteng tidak melaksanakan job fair dampak pandemi virus corona (Covid-19).

Arnold menuturkan selain untuk memutus penyebaran virus corona, job fair ditiadakan karena keterbatasan anggaran. Sebelumnya rencana pelaksanaan job fair sempat diagendakan ke November 2020.

Disnakertrans telah merancang job fair akan diikuti sejumlah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Pencari kerja yang terekrut melalui job fair tersebut ditarget mencapai ribuan.

“Kita harap melalui job fair nanti banyak yang terekrut, khususnya para pekerja/buruh yang dirumahkan/PHK dampak Covid-19,” pungkas Arnold.

Seperti diketahui, pada job fair Agustus tahun 2019, sedikitinya 1.000 orang lebih pencari kerja terekrut melalui bursa kerja yang digelar di Taman Gor Palu selama empat hari, tepatnya 20-24 Agustus 2019.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas