Home Palu

Vaksinasi GTK Belum Capai Target

8
Ansyar Sutiadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi mengungkapkan, saat ini jumlah guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang divaksin belum mencapai target sebagai syarat pembukaan sekolah di Kota Palu. Hal itu berdampak pada penundaan pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

“Kendala pelaksanaan vaksinasi terhadap guru dan tenaga kependidikan dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah usia penyakit bawaan yang diderita oleh guru tersebut,” kata Ansyar, melalui ponselnya, belum lama ini.

Selain itu kata Ansyar, faktor kehamilan juga ikut berkontribusi, mengingat para guru dan tenaga kependidikan lebih dominan adalah perempuan.

“Kendala utamanya itu umur dan penyakit bawaan, dan juga kehamilan, karena banyak guru kita adalah ibu-ibu, sehingga kita masih menunggu dulu untuk pelaksanaan vaksinasinya,” ungkapnya.

Sebelumnya Plt Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ambotuwo mengatakan, target Pemkot Palu untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) di SD-SMP itu pada April mendatang.

“Namun ternyata pendidik dan tenaga kependidikan baik honorer maupun ASN yang telah melalui vaksinasi belum mencapai 50 persen lebih, dari total keseluruhan GTK sebanyak 4.591 orang. Sesuai data yang kami terima guru yang sudah divaksin di 13 Puskesmas baru sebanyak 1.951 pendidik, sementara guru yang tertunda divaksin akibat alasan medis sebanyak 458 orang,” kata Ambotuwo.

Ambotuwo mengaku, bahwa Disdikbud Palu tetap mengupayakan agar semua guru dapat divaksin, sehingga PTM ini dapat dilaksanakan.

“Namun jika masih ada guru yang belum divaksin hingga di April mendatang, maka PTM tidak diperbolehkan melainkan kembali pembelajaran secara daring,” ungkapnya.

Menurut Ambotuwo, jumlah tenaga pendidik akan terus bertambah menjalani vaksinasi hingga akhir Maret sebagaimana yang ditergetkan.

“Kami berharap semua guru bisa tercapai untuk divaksin hingga akhir Maret, sehingga rencana PTM ini akan dilaksanakan sesuai harapan kita bersama,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas