Home Palu

PPDB SMK Muhammadiyah 1 Palu Daring-Luring, Masyarakat Diimbau Segera Mendaftar

17
Sitti Rahma. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – SMK Muhammadiyah 1 Palu (Muhipa) kini telah membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022. Mekanisme penerimaan siswa baru menggunakan dua metode yakni secara daring (online) maupun luring.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Palu, Sitti Rahma mengatakan, bahwa sekolahnya memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat atau calon siswa yang ingin melakukan pendaftaran, mulai dari gratis, hingga potongan biaya bagi para siswa yang berprestasi.

“PPDB kami buka sejak 15 Januari hingga 15 Juni 2021, kami membuka penerimaan dibagi menjadi tiga gelombang. Saat ini kami sudah menyiapkan tujuh jurusan unggulan yang bisa dipilih para siswa baru,” jelas Sitti, di Palu, belum lama ini.

Kata dia, beberapa jurusan unggulan itu yakni Teknik Sepeda Motor (TSM) kapasitas 72 siswa, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) kapasitas 72 siswa, Perbankkan Syariah kapasitas 34 siswa, Teknik Gambar Bangunan kapasitas 36 siswa, Teknik Komputer Multimedia kapasitas 36 siswa, dan Farmasi kapasitas 36 siswa.

“Untuk PPDB secara daring bisa dikunjungi melalui web www.smkmuhipa.sch.id. Sementara untuk luring mereka bisa mengunjungi sekolah untuk mendaftar ke panitia yang telah disiapkan,” ungkapnya.

Sitti mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga kategori dalam pendaftaran yakni bagi siswa kurang mampu tidak dibebankan biaya apapun (gratis) selama pendaftaran, kemudian bagi siswa yang berprestasi dapat potongon biaya hingga pendaftaran secara umum.

“Olehnya kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa secepatnya melaksanakan pendaftaran hingga batas waktu yang ditentukan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, kata Sitti, pihaknya juga akan memberikan pelayanan pendidikan secara maksimal kepada para siswa.

“Jadi bagi siswa yang kurang mampu kami upayakan bisa mendapatkan berbagai beasiswa, baik dari pemerintah maupun dari berbagai donatur yang ada,” katanya.

Sitti mengatakan, belum lama ini siswanya mendapatkan bantuan beasiswa dari DPR RI kepada 165 siswa yang kurang mampu. Itu merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam memberikan pelayanan kepada para siswa yang kurang mampu.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB sekaligus Wakasek Kesiswaan SMK Muhipa, Yulian Satriono mengatakan, sudah menyiapkan berbagai fasilitas lengkap di masing-masing jurusan.

“Intinya siswa tidak akan kecewa dengan SMK Muhipa, karena fasilitas yang diberikan sangat banyak. Contohnya saja setiap jurusan memiliki laboratorium dan tempat praktek masing-masing. Siswa juga akan melaksanakan tempat prakerin di sejumlah perusahaan unggulan yang ada di Indonesia khususnya di Kota Palu,” katanya.

Ia menambahkan bahwa untuk jurusan Farmasi dan Perbankkan 15 pendaftar pertama akan digratiskan dari biaya pendaftaran. Sementara untuk jurusan lainnya 10 pendaftaran pertama digratiskan.

“Buruan untuk bisa melaksanakan pendaftaran secepatnya hingga batas waktu yang telah ditentukan,” ungkapnya.

“Saat ini kami sudah menyiapkan 9 kelas untuk seluruh jurusan yang ada. Info lanjutnya bisa datang langsung ke sekolah. Sebab kami siap melayani seluruh masyarakat yang datang ke sekolah untuk pelaksanaan PPDB,” tutupnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas